Smartphone

Samsung Galaxy A6 Plus vs OPPO F7. Mana HP RAM 4 GB Terbaik?

OPPO F7 Header

Gadgetren – Galaxy A6+ (2018) atau biasa disebut Galaxy A6 Plus merupakan smartphone terbaru dari Samsung yang bermain di kelas menengah dengan fitur dan spesifikasi yang lumayan menarik. Meskipun baru diluncurkan, namun harga dari produk ini justru telah menurun drastis.

Sementara itu, Samsung Galaxy A6+ sendiri berusaha untuk menantang OPPO F7 dengan kisaran harga yang mirip. Produk buatan OPPO tersebut memiliki keunggulan pada performa dan kamera selfie yang beresolusi besar.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Samsung Galaxy A6+ (2018) dan OPPO F7 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Samsung Galaxy A6 Plus vs OPPO F7

Layar

Smartphone masa kini telah mengusung layar penuh di bagian depannnya yang membuatnya terlihat lebih ramping. Hal ini pun diikuti oleh Samsung Galaxy A6+ dan OPPO F7 yang sama-sama mengusung desain layar tersebut.

Samsung Galaxy A6+ ini memiliki layar Super AMOLED 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2220 x 1080 piksel), desain Infinity Display, dan beraspek rasio 18,5:9 yang memenuhi bagian depannya. Sementara OPPO F7 mempunyai layar 6,23 inci beresolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel), berponi, berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9.

Spesifikasi Hardware

Samsung Galaxy A6+ menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core 1,8 GHz dengan teknologi proses 14nm yang memiliki performa tinggi, namun hemat dalam mengonsumsi daya baterai.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, smartphone ini pun telah dibekali dengan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB. Sementara OPPO F7 dibekali dengan chipset MediaTek Helio P60 yang lebih bertenaga berkat teknologi proses 12nm, RAM 4 GB dan storage internal 64 GB. Kedua smartphone ini sama-sama dapat ditambahkan microSD.

Kamera

Perangkat buatan Samsung ini pun menggunakan dua kamera belakang 16 MP + 5 MP dan kamera depan 24 MP dan menantang langsung OPPO F7 yang mempunyai kamera belakang 16 MP dan kamera depan 25 MP.

Baterai

Samsung Galaxy A6 Plus sendiri memiliki baterai dengan kapasitas 3500 mAh yang mengalahkan OPPO F7 dengan baterai 3400 mAh. Bahkan baterai smartphone besutan Samsung ini pun mampu bertahan lebih lama dibandingkan dengan produk OPPO.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, WiFi, FM Radio, GPS, Bluetooth, dan sistem operasi Android Oreo. Bahkan Samsung Galaxy A6+ (2018) dan OPPO F7 mempunyai dukungan jaringan 4G-LTE, sensor fingerprint, dan fitur Face Unlock.

Harga

Kedua smartphone ini sama-sama dijual dengan harga Rp 4 juta di Indonesia sehingga persaingannya sangat ketat. Sebenarnya itu bukanlah harga awal dari kedua smartphone tersebut, melainkan telah terjadi penurunan harga karena smartphone varian baru dari kedua perusahaan pembuatnya telah muncul.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa dan kamera depan maka Gadgeter dapat memilih OPPO F7. Namun jika dilihat dari sisi harga, kamera belakang, build quality, jaringan, dan daya taha baterai maka Samsung Galaxy A6+ jawabannya.

Tinggalkan Komentar