ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Monster! POCOPHONE F1 Jadi HP Snapdragon 845 & RAM 6 GB Termurah di Indonesia

Pocophone F1 Header

Hari ini Xiaomi melalui sub-brand POCO secara resmi telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang bernama POCOPHONE F1. Bahkan Xiaomi pun mengatakan bahwa POCOPHONE F1 akan menjadi smartphone dengan Snapdragon 845 termurah di dunia.

Mengikuti tren saat ini, POCOPHONE F1 sendiri telah menggunakan poni atau notch pada bagian atas layarnya yang digunakan untuk menyematkan cahaya Inframerah, sensor Proximity, lensa Inframerah, kamera depan, dan lubang suara.

Sementara layar IPS smartphone ini mempunyai lebar 6,18 inci dengan resolusi FHD+ (2246 x 1080 piksel) dan beraspek rasio 18,7:9 yang memenuhi bagian depannya. Hal ini pun membuat sensor fingerprint disematkan pada bagian belakangnya.

Pocophone F1 Atas

Dapur pacunya sendiri dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core dengan teknologi proses 10nm yang efisien sehingga memiliki performa yang bertenaga. Bisa dibilang chipset ini sedang populer digunakan oleh banyak smartphone flagship di tahun 2018.

Untuk mendampingi chipset tersebut, Xiaomi pun telah menyematkan RAM 6 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB pada produk terbarunya ini. Berkat kombinasi hardware ini membuat POCOPHONE F1 dapat melibas semua game maupun aplikasi berat sekalipun.

Selain performanya, baterai dengan kapasitas 4000 mAh pun menjadi salah satu fitur andalan dari POCOPHONE F1 karena diklaim pihak Xiaomi mampu bertahan selama 6 jam untuk menonton video, 8 jam untuk bermain game, 31 jam untuk telepon, atau 15 hari dalam kondisi siaga.

Pada saat penggunanya bermain game, fitur Liquid Cool akan menyebarkan panas di smartphone POCOPHONE F1 dengan merata sehingga tidak menimbulkan panas di satu titik saja dan suhu tetap terjaga stabil.

Tim Gadgeter pun sempat mewawancarai Alvin Tse selaku Head of Poco Global mengenai Poco F1. Dirinya mengatakan bahwa konsep dari smartphone Poco F1 ini lebih fokus terhadap performa, ketahanan, dan daya tahan baterai, namun memiliki harga yang tidak memberatkan pembelinya. Dibandingkan menonjolkan kecantikannya.

Pocophone F1 Harga

Menariknya lagi, update sistem operasi MIUI 9.6 yang berbasiskan Android Oreo menggunakan tampilan antarmuka POCO yang lebih bersih, lebih cepat, dan sedikit berbeda dibandingkan MIUI untuk produk Xiaomi seri Redmi atau Mi. Bahkan pihak POCO menjanjikan bahwa F1 akan mendapatkan update Android 9.0 Pie pada akhir tahun 2018 ini.

Soal urusan fotografi, smartphone ini telah dibekali dengan dua kamera utama yang mempunyai konfigurasi kamera primer 12 MP bersensor IMX363 + kamera sekunder 5 MP, Dual-Pixel Autofocus, Real-time AI, aperture f/1.9, dan dual-LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

Selain itu, dua kamera utamanya juga bisa menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan rapi dan instan. Bahkan POCO juga telah menematkan fitur EIS (Electronic Image Stablization) agar pengambilan videonya lebih stabil. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 20 MP dengan AI sehingga foto selfie atau wefie yang dihasilkan menjadi menarik.

Tak lupa, perangkat ini juga memiliki fitur Face Unlock yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menghadapkan wajahnya ke bagian depan. Selain itu, POCOPHONE F1 juga telah dibekali dengan Bluetooth, WiFi, dukungan dua kartu SIM, dan jaringan 4G-LTE.

POCO di Indonesia masih menyatu sebagai sub-brand Xiaomi agar memudahkan logistik dan keperluan lainnnya dibandingkan perusahaan yang terpisah. Tak hanya itu, POCO juga akan menghadrikan aksesoris resmi casing maupun stiker F1 di Indonesia. Mengejutkannya, ternyata smartphone ini telah tergabung di Project Treble yang dimiliki oleh Google.

Dengan spesifikasi hardware dan fitur yang menarik ini, POCOPHONE F1 hanya dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 4.499.000 untuk varian RAM 6 GB + ROM 64 GB, Rp 4.999.000 untuk varian RAM 6 GB + ROM 128 GB, dan Rp 5.199.000 untuk Armoured Edition (RAM 6 GB + ROM 128 GB) di Indonesia.

Nantinya POCOPHONE F1 ini akan tersedia secara ekslusif mulai tanggal 30 Agustus 2018 di Lazada Indonesia. Selanjutnya, Xiaomi juga akan menjual smartphone ini di Authorized Mi Store Indonesia yang sudah hadir di beberapa kota.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar