Berita Smartphone

Resmi Dirilis, Xiaomi POCO F1 Jadi Smartphone Snapdragon 845 & RAM 6 GB Termurah di Dunia

POCO F1 Header

Setelah menjanjikan smartphone dengan Snapdragon 845 termurah di dunia, akhirnya Xiaomi melalui sub-brand POCO secara resmi telah meluncurkan POCO F1 di India. Berdasarkan spesifikasi hardware yang ditawarkan, Perangkat 4G-LTE yang satu ini menantang OnePlus 6 dan Honor 10.

Sekilas, POCO F1 telah dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core yang merupakan chipset kelas atas terfavorit di dunia pada tahun 2018 karena performanya yang cepat berkat teknologi proses 10nm yang efisien.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, POCO F1 telah dibekali dengan RAM yang mempunyai pilihan 6 GB atau 8 GB dan storage internal 64 GB, 128 GB, atau 256 GB. Dengan kombinasi ini memungkinkan smartphone dapat melahap game atau aplikasi berat sekalipun.

POCO F1 All

Menariknya teknologi LiquidCool yang terdapat di dalamnya memungkinkan smartphone memiliki suhu yang stabil dan tidak panas ketika memainkan game dalam waktu yang lama. Selain itu, heat sink tembaga disematkan tepat di atas chipset miliknya untuk membantu dalam mengusir panas.

Baterai berkapasitas 4000 mAh sudah dipercaya untuk menjadi pusat energi kehidupan dari POCO F1. Bahkan pihak Xiaomi mengklaim bahwa smartphone yang satu ini dapat digunakan untuk bermain game selama 8 jam, memutar video Full HD selama 6 jam, telepon selama 31 jam, atau siaga selama 15 hari.

Sementara layarnya memiliki lebar 6,18 inci dengan resolusi Full HD+ (2246 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18,7:9 yang memenuhi bagian depan. Poni atan notch telah hadir di bagian atasnya yang berfungsi sebagai tempat menyimpan lensa Inframerah, cahaya Inframerah, sensor Proximity, Earpiece, dan kamera depan.

POCO F1 Unlock

Sekilas, kamera depannya memiliki resolusi 20 MP dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan baik. Sebagai alternatif sensor fingerprint, POCO F1 juga telah dibekali dengan Face Unlock.

Sementara dua kamera belakangnya memiliki kombinasi kamera primer 12 MP dengan sensor Sony IMX363 + kamera sekunder 5 MP, aperture f/1.9, Dual-Pixel Autofocus, Real-time AI, dan dual-LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan bagus.

POCO F1 juga menggunakan MIUI 9.6 berbasiskan Android Oreo, namun pihak Xiaomi mengatakan bahwa sistem operasinya ini telah dimodifikasi dengan desain dan tema POCO sehingga lebih sederhana dan terlihat mirip Nova Launcher.

Sensor fingerprint pun tetap hadir di bagian belakangnya yang memudahkan penggunanya dalam membuka kunci smartphone hanya menggunakan sidik jarinya saja. Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GS telah hadir di dalamnya.

POCO F1 sendiri memiliki beberapa varian yang terdiri dari RAM 6 GB + ROM 64 GB dengan harga 20.990 Rupee atau sekitar Rp 4,38 juta, RAM 6 GB + ROM 128 GB dengan harga 23.999 Rupee atau sekitar Rp 5 juta, RAM 8 GB + ROM 256 GB dengan harga 28.999 Rupee atau sekitar Rp 6,05 juta, dan Armoured Edition (RAM 8 GB + ROM 256 GB) dengan harga 29.999 Rupee atau sekitar Rp 6,26 juta.

Setelah kehadirannya di India, Xiaomi pun akan meluncurkan POCO F1 di kota Jakarta (Indonesia), Hong Kong (Hong Kong), dan Paris (Perancis) pada tanggal 27 Agustus 2018. Tentunya smartphone ini telah ditunggu oleh sebagian masyarakat di ketiga negara tersebut.

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar