Gadget Smartphone

Oppo F9 vs Vivo V9. Bagus MediaTek Atau Snapdragon?

Oppo F9 vs Vivo V9 Header

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Vivo telah meluncurkan varian tertinggi dari Vivo V9 mengusung performa yang ditingkatkan secara signifikan, baik dari segi prosesornya dan juga kapasitas RAM-nya.

Sementara itu, berusaha bersaing di kelas yang sama, Oppo sebagai kompetitor sedang menyiapkan perangkat baru yang akan meneruskan seri F andalannya, yakni Oppo F9, dan akan dirilis beberapa waktu ke depan.

Lalu, kira-kira bagaimana perbandingan kedua perangkat tersebut? Perangkat mana yang mampu menawarkan kemampuan yang paling baik? Berikut di bawah ini ulasannya.

Layar

Oppo F9 vs Vivo V9 - Layar

Oppo F9 dan Vivo V9 sama-sama dibekali dengan berukuran 6,3 inci dengan layar berponi. Bedanya, Oppo F9 memiliki resolusi Full HD+ (2340 x 1.080 piksel) berteknologi LTPS TFT, sementara Vivo V9 memiliki resolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi IPS.

Selain itu, Oppo F9 memiliki aspek rasio 19:9,5 dengan poni kecil yang disebut dengan Waterdrop, sedangkan Vivo V9 hadir dengan aspek rasio 19:9 dengan poni yang bisa dibilang cukup besar.

Performa

Oppo F9 vs Vivo V9 - Performa

Performa yang ditawarkan oleh kedua perangkat ini sangat berbeda, di mana Oppo F9 dibekali prosesor MediaTek Helio P60 Octa-core 2 GHz dan Vivo V9 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core berkecepatan 2 GHz.

Kedua jenis prosesor cukup mirip dengan beberapa perbedaan yang cukup signifikan. MediaTek Helio P60 telah mengusung manufaktur 12nm, sementara Qualcomm Snapdragon 660 masih menggunakan 14nm.

Dalam hal ini tentunya, MediaTek Helio P60 menawarkan efisiensi energi yang lebih baik alias memiliki tingkat konsumsi energi yang lebih sedikit dibandingkan Qualcomm Snapdragon 660.

MediaTek Helio P60 juga telah dilengkapi dengan modul yang didedikasikan untuk kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) atau AI, yang bisa digunakan untuk pengenalan wajah yang lebih mendalam, peningkatan realitas virtual, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Qualcomm Snapdragon 660 menawarkan beberapa fitur yang lebih tinggi, termasuk performanya, dukungan Quick Charge-nya, modem yang digunakannya, dan lain sebagainya.

Untuk urusan RAM, Oppo F9 memiliki pilihan 4 GB atau 6 GB untuk storage internal 64 GB, sedangkan Vivo V9 versi tertinggi hanya memiliki pilihan tunggal RAM 6 GB untuk storage internal 64 GB.

Kamera

Oppo F9 vs Vivo V9 - Kamera

Di sektor kamera, Oppo F9 memiliki kamera utama ganda beresolusi 16MP + 2MP dan kamera depan beresolusi 25 MP dengan dukungan AI. Sementara itu, Vivo V9 varian tertinggi ini memiliki kombinasi 13 MP + 2 MP untuk kamera utama dan 12 MP untuk kamera depannya.

Baterai

Oppo F9 vs Vivo V9 - Baterai

Sementara Vivo V9 varian RAM 6GB hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3260 mAh, Oppo F9 dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 3500 mAh.

Kesimpulan

Bagi kamu yang ingin memiliki daya tahan baterai yang lebih dan kemampuan fotografi yang lebih detail, kamu bisa memilih Oppo F9 yang menawarkan manufaktur 12nm pada prosesornya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lebih tinggi dan kamera dengan resolusi yang lebih unggul.

Sementara itu, kamu bisa memilih Vivo V9 jika menginginkan konektivitas yang lebih cepat dan performa yang lebih mumpuni dengan sokongan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 di dalamnya.

Tinggalkan Komentar