Berita Smartphone

Samsung Galaxy Note 9 VS Samsung Galaxy S9+, Manakah yang Cocok Buat Kamu?

Samsung Galaxy Note 9

Rilis pada bulan Maret 2018, Samsung Galaxy S9+ merupakan salah satu flagship terlaris yang masih diburu konsumen hingga sekarang. Bahkan, frekuensi pencarian Samsung Galaxy S9+ masih menduduki peringkat atas di situs pencarian Priceza, sekaligus menjadi hot item di berbagai toko online di Indonesia.

Meskipun menyasar segmen pasar berbeda, namun keberadaan Galaxy S9+ harus bergeser melalui perilisan Galaxy Note 9 beberapa waktu lalu. Sebagai konsumen, produk manakah yang paling layak untuk kamu beli?

Untuk membantu kamu, artikel ini akan membagikan komparasi lengkap terkait spesifikasi Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Galaxy S9+. Diharapkan, kamu bisa lebih bijak memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk lebih lengkapnya, ikuti artikel di bawah ini:

Infinity Display dengan Layar Besar

Sama-sama mengusung konsep Infinity Display, bentuk fisik dari Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Galaxy S9+ sedikit berbeda. Untuk Galaxy Note 9, rupa yang ditawarkan berbentuk lebih tegas, sedangkan Galaxy S9+ memiliki bodi dengan keempat sisi yang terlihat lebih membulat.

Adapun, kedua smartphone ini sama-sama didukung sertifikasi IP68 sehingga tahan terhadap debu dan air. Selain itu, ada pula fitur sensor sidik jari, speaker stereo dengan Dolby Atmos, port USB Type-C bahkan 3.5mm headphone jack yang bisa ditemukan pada kedua smartphone.

Beralih ke sektor layar, sebelumnya Galaxy S9+ menjadi smartphone dengan layar terbesar buatan Samsung melalui panel Super AMOLED 6.2-inch dengan resolusi  1440 x 2960 piksel dan rasio  layar 18.5:9.

Kini, predikat tersebut disalip oleh Galaxy Note 9 yang mengusung panel seluas 6.4 inci dengan resolusi dan rasio layar yang sama. Kendati demikian, Galaxy S9+ memiliki kerapatan layar dan screen-to-body ratio yang jauh lebih besar ketimbang Galaxy Note 9.

Kualitas Kamera Setara dengan Peningkatan Software

Kedua smartphone ini sama-sama memasang konfigurasi hardware kamera yang identik melalui penempatan dual sensor di bagian belakang berkekuatan 12 MP yang didukung dual aperture F1.7 dan F2.4. Begitu pula dukungan kamera depan yang sama-sama memiliki resolusi 8 MP dengan aperture F1.7.

Yang membedakan adalah peningkatan software yang dilakukan Samsung. Melalui teknologi Scene Optimizer pada Galaxy Note 9, kamera bisa mengindentifikasi proses pengambilan gambar sehingga hasilnya lebih maksimal. Namun, perbedaan hasil jepretan kedua smartphone ini tidak terlalu signifikan, sama-sama sanggup menangkap gambar secara detail dan berkualtias baik.

Hardware Identik dengan Peningkatan RAM dan Memori

Selain memasang konfigurasi kamera yang sama, penggunaan hardware dari Galaxy S9+ dan Galaxy Note 9 juga sangat identik. Untuk pasar Indonesia, kedua smartphone sama-sama didukung chipset Exynos 9810 yang diklaim sanggup bekerja 20% lebih cepat dan 30% lebih hemat daya ketimbang chipset mobile yang digunakan Galaxy S8+ dan Galaxy Note 8.

Perbedaannya, Galaxy Note 9 sudah terintegrasi dengan sistem Water Carbon Cooling untuk memaksimalkan kinerja chipset saat digunakan gaming dan juga adanya dua opsi kapasitas RAM yakni 6GB dan 8GB. Sedangkan, Galaxy S9+ hanya memiliki opsi RAM berkapasitas 6GB saja.

Tak hanya itu, perbedaan lain berlaku pada kapasitas baterai. Jika Galaxy S9+ memiliki baterai dengan kapasitas 3.500 mAh, Galaxy Note 9 lebih unggul dengan baterai 4.000 mAh. Namun, keduanya sudah didukung dengan fasilitas Fast Charging.

S Pen Sebagai Identitas Galaxy Note 9

Satu hal yang membedakan Galaxy S9+ dan Galaxy Note 9 adalah keberadaan S Pen. Pena digital canggih pada Galaxy Note 9 memungkinkan kamu untuk berkreasi seperti membuat gambar atau catatan pada smartphone layaknya menggunakan tulisan tangan dengan pena yang sanggup bekerja prima untuk hasilkan tulisan natural.

Lebih menarik lagi, S Pen pada Galaxy Note 9 kini sudah terintegrasi dengan Bluetooth Low Energy. Hasilnya, kamu bisa menggunakan S Pen pada berbagai macam fungsi, seperti shutter kamera, melakukan presentasi, bahkan terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

Harga Samsung Galaxy S9+ dan Samsung Galaxy Note 9

Menawarkan konfigurasi hardware yang cukup identik, hal yang membedakan Samsung Galaxy S9+ dan Galaxy Note 9 adalah keberadaan S Pen, layar sedikit lebih besar dan kapasitas baterai yang lebih jumbo. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan, bahkan Galaxy S9+ masih sangat layak untuk kamu gunakan jika tak terlalu mementingkan fungsi pena digital.

Saat ini, harga jual Samsung Galaxy S9+ sudah mengalami penurunan dan kamu bisa beli dengan banderol mulai Rp11 jutaan. Sementara itu, Samsung Galaxy Note 9 masih dijual dalam sistem pre-order dengan banderol Rp13.499.000 untuk varian RAM 6GB dan Rp17.999.000 untuk varian RAM 8GB.

Tinggalkan Komentar