ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

OPPO A3s vs Vivo Y71, Mana HP RAM 3 GB Murah Terbaik?

OPPO A3s vs Vivo Y71 Header

Gadgetren – Meskipun di negeri Tiongkok, OPPO dan Vivo merupakan saudara yang berada di bawah payung perusahaan induk bernama BBK Electronics. Namun persaingan kedua perusahaan ini di Indonesia sangatlah ketat, mulai dari promosi hingga penjualannya.

Pada kelas menengah ke bawah, OPPO memiliki A3s yang baru saja diluncurkan beberapa minggu yang lalu. Sementara Vivo sendiri mempunyai Y71 yang sudah hadir pada bulan April 2018 silam. Keduanya sama-sama bersaing pada harga dan spesifikasi hardware yang hampir mirip.

Apabila Vivo Y71 menggunakan layar penuh dengan aspek rasio 18:9, berbeda dengan OPPO A3s yang mempunyai layar penuh dengan aspek rasio 19:9 dan berponi di bagian atasnya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan keduanya, maka dapat melihat informasinya sebagai beirkut ini.

OPPO A3s vs Vivo Y71

Spesifikasi Hardware

Soal urusan RAM, kedua smartphone ini sama-sama memiliki kapasitas 3 GB. Namun OPPO A3s lebih unggul dibandingkan Vivo Y71 dalam hal chipset dan storage internal. Hal ini terlihat dari OPPO A3s yang menggunakan Snapdragon 450 dan storage internal 32 GB. Sedangkan Vivo Y71 memakai Snapdragon 425 dan storage internal 16 GB.

Desain Layar

Pihak OPPO menyematkan layar penuh IPS 6,2 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel), beraspek rasio 19:9, dan berponi pada A3s. Sedangkan Vivo Y71 menggunakan layar penuh IPS 6 inci beresolusi HD+ (1440 x 720 piksel) dan beraspek rasio 18:9. Meskipun keduanya sama-sama menggunakan layar penuh, namun OPPO A3s lebih terlihat seperti iPhone.

Kamera

Kamera OPPO A3s berhasil mengalahkan Vivo Y71 karena kamera depan 8 MP dan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP telah dibenamkan dalam OPPO A3s. Sementara Vivo Y71 hanya menggunakan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP saja.

Baterai

OPPO sendiri telah menyematkan baterai berkapasitas besar mencapai 4230 mAh pada A3s. Berkat kolaborasinya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang hemat energi maka OPPO A3s dapat bertahan lebih lama dibandingkan Vivo Y71 yang hanya dibekali baterai 3360 mAh.

Fitur Lainnya

Untuk menekan harganya, kedua smartphone ini sama-sama tidak dilengkapi dengan sensor fingerprint. Namun keduanya telah didukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, Face Unlock, dan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Harga

OPPO A3s dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 2,7 juta. Sementara Vivo Y71 dijual dengan harga Rp 2,3 juta. Namun hal ini cukup wajar mengingat spesifikasi hardware dari OPPO A3s lebih bertenaga dibandingkan Vivo Y71.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari spesifikasi hardware, performa, dan daya tahan baterai maka OPPO A3s menjadi juaranya. Namun jika dompet Gadgeter sedang tipis maka dapat memilih Vivo Y71. Menurut pendapat saya pribadi, OPPO A3s lebih layak untuk dibeli mengingat harganya yang berbeda sedikit dengan Vivo Y71.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar