Smartphone

OPPO A3s vs OPPO A83. Mana HP 4G Kamera 13 MP Terbaik?

OPPO A3s vs OPPO A83 Header

Gadgetren – Sejak hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2013, OPPO telah meluncurkan beragam smartphone selfie dengan spesifikasi hardware menarik. Kini A3s menjadi salah satu smartphone besutan OPPO yang banyak dicari oleh orang Indonesia.

Bisa dibilang A3s merupakan smartphone OPPO terjangkau yang menggunakan desain layar penuh berponi milik F7. Sementara itu, spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh A3s menjadi salah satu yang dilirik karena dikombinasikan dengan harganya yang terjangkau.

Pada generasi OPPO F5 sendiri, sebenarnya OPPO A83 hampir mirip dengan jenis A3s yang sama-sama mengandalkan harga murah untuk bisa memikat masyarakat di Indonesia. Bedanya kapasitas RAM dari A83 ini lebih besar dibandingkan A3s.

Akhirnya kini banyak orang yang semakin penasaran mengenai perbandingan antara OPPO A3s vs A83. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

OPPO A3s vs OPPO A83

Layar

OPPO menyematkan layar penuh 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan memiliki aspek rasio 19:9 pada A3s. Sementara OPPO A83 mempunyai layar penuh 5,7 inci beraspek rasio 18:9 dan berteknologi IPS.

Perbedaan aspek rasio dan resolusi ini terjadi karena A3s mempunyai poni atau notch di bagian atas. Tentunya kedua smartphone ini memiliki desain layar yang berbeda sehingga pilihannya tergantung selera dari calon penggunanya.

Spesifikasi Hardware

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kapasitas storage internal 32 GB. Namun terdapat perbedaan pada RAM dan chipset, dimana OPPO A3s menggunakan kapasitas 3 GB dan Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core.

Sementara OPPO A83 mempunyai kapasitas 4 GB dan MediaTek Helio P23 Octa-core. Bisa dibilang A83 unggul dalam hal performa, namun OPPO A3s unggul dalam konsumsi daya baterainya yang irit.

Kamera

Sebagai smartphone masa kini, OPPO A3s telah dibekali dengan dua kamera utama 13MP + 2MP. Sementara OPPO A83 hanya mempunyai satu kamera utama 13 MP. Meskipun A83 kalah dalam hal kamera belakang, namun kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan kamera depan 8 MP ditambah A.I Beauty Recognition.

Baterai

OPPO A3s telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4230 mAh sehingga dapat mengalahkan OPPO A83 yang dibekali dengan baterai 3180 mAh. Selain kapasitasnya yang besar, chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang hadir pada A3s pun membuat daya tahan baterainya bertahan lebih lama lagi.

Fitur Lain

Kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan WiFi, Bluetooth, port microUSB, dan GPS. Namun keduanya tidak memiliki sensor fingerprint. Selain itu, OPPO A3s telah menggunakan ColorOS 5.1 berbasiskan Android 8.1 Oreo. Sedangkan OPPO A83 baru mempunyai ColorOS 3.2 berbasiskan Android 7.1 Nougat.

Harga

Kini harga dari OPPO A83 mencapai Rp 2,7 juta. Sementara OPPO A3s mencapai Rp 2,7 juta. Meskipun harganya sama, namun terdapat perbedaan pada fitur, performa, daya tahan baterai, dan kemampuan kameranya.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari daya tahan baterai, kamera utama, ukuran layar, dan sistem operasi maka OPPO A3s dapat diandalkan. Namun jika Gadgeter meliriknya dari spesifikasi hardware dan performa maka OPPO A83 bisa menjadi pilihan. Dengan harga yang sama, keduanya dapat menjadi pilihan yang menarik tergantung selera penggunanya.

Tinggalkan Komentar