Review Smartphone

Review Redmi Note 5 – Ponsel Murah dengan Performa Tinggi dan Kamera Memuaskan

Xiaomi Redmi Note 5 - Featured

Jika ASUS punya ZenFone Max Pro M1, maka Xiaomi punya Redmi Note 5. Kedua ponsel ini sama-sama mengusung spesifikasi hardware yang tinggi dengan harga yang tidak membuat kantong jebol.

Xiaomi yang tadinya bisa dibilang adalah produsen utama untuk urusan ponsel performa tinggi dengan harga murah kini memiliki banyak saingan. Apakah Redmi Note 5 mampu membuat Xiaomi masih menjadi pilihan utama untuk ponsel kelas menengah dengan harga murah?

Selama saya gunakan, ponsel Redmi Note 5 berhasil menyajikan performa yang tinggi dan kamera belakang yang berkualitas. Perlu dicatat, varian Redmi Note 5 yang saya gunakan adalah varian RAM 4 GB.

Desain

Redmi Note 5 sesuai namanya adalah ponsel yang berukuran cukup besar. Walaupun ukurannya besar, Redmi Note 5 masih terasa nyaman di tangan dikarenakan lengkungan badan ponselnya yang pas.

Badan ponsel menggunakan material aluminium sehingga terasa lebih kokoh dan premium walaupun Redmi Note 5 sendiri berada di kelas harga menengah bawah.

Tidak seperti pendahulunya, bezel di Redmi Note 5 jauh lebih tipis dan mengusung model layar penuh. Karena ukuran bezel-nya yang tipis ini, sensor pemindai sidik jari diletakkan di bagian belakang ponsel pada posisi yang cukup nyaman untuk jari menyentuh sensor tersebut. Sensor sidik jarinya pun cukup cepat dalam merespon input.

Untuk mengakomodir kamera yang digunakan, terdapat jendolan kamera di bagian belakang ponsel. Ini menyebabkan ponsel menjadi tidak rata ketika diletakkan secara telentang.

Di Redmi Note 5 tersedia lampu LED untuk notifikasi namun sayangnya hanya dapat memperlihatkan warna putih saja dan intensitas cahayanya pun kurang mencolok sehingga mudah terlewatkan.

Layar

Xiaomi Redmi Note 5 - Desain

Tampilan layar Redmi Note 5 cukup terang karena menggunakan teknologi IPS LCD. Ditambah dengan ukuran layar 5,99 inci dan resolusi layar 2160 x 1080 dengan rasio 18:9, ponsel ini memuaskan untuk digunakan bermain game dan menonton video.

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang mendukung layar rasio 18:9 karena rasio ini menjadi salah standar baru di ponsel modern. Namun jika ada aplikasi yang masih belum mendukung rasio 18:9, dapat disesuaikan bentuk aplikasinya secara manual melalui fitur yang disediakan oleh sistem operasinya.

Untuk melindungi layarnya, tidak diketahui apakah menggunakan Corning Gorilla Glass atau tidak. Xiaomi hanya menyebutkan layar ponsel sudah diberi perlindungan. Bagi pengguna ponsel ini mungkin ada baiknya memasang tempered glass.

Performa

Dengan digunakannya chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 636 dikombinasikan dengan RAM 4 GB, Redmi Note 5 lancar saya gunakan untuk kegiatan sehari-hari tanpa kendala yang berarti.

Skor AnTuTu yang dihasilkan oleh Redmi Note 5 adalah 116.839 sedangkan skor Geekbench untuk single core adalah 1.345 dan untuk multi-core adalah 4.910.

Ketika saya coba mainkan game Final Fantasy XV Pocket Edition dengan setelan resolusi sesuai ukuran ponsel, grafis medium, dan FPS lock di 30, game cukup lancar dimainkan walaupun terdapat beberapa adegan terlihat patah-patah. Performa game terasa lebih lancar jika setelan grafis disetel ke minimal.

Untuk game lain seperti Mobile Legends dan Arena of Valor, lancar saya mainkan dengan setelan grafis tinggi. Namun untuk game PUBG Mobile, setelan grafis hanya bisa hingga level Balanced dan frame rate Medium. Dengan setelan tersebut, Redmi Note 5 lancar dalam memainkan game PUBG Mobile.

Kamera

Salah satu poin menarik dari Redmi Note 5 dibandingkan dengan pesaingnya adalah atensi yang lebih untuk teknologi kamera yang digunakan.

Redmi Note 5 menggunakan kombinasi kamera belakang ganda 12 MP+5 MP dengan kamera depan 13 MP. Terdapat lampu flash pendamping baik untuk kamera belakang maupun kamera depan.

Teknologi kamera yang digunakan cukup ok untuk di kelas harganya. Untuk jelasnya bisa dilihat hasil kamera dari Redmi Note 5 di bawah ini (klik pada masing-masing foto untuk resolusi asli):

Foto Luar Ruangan dengan Mode Auto

Redmi Note 5 - Outdoor Auto 02

Redmi Note 5 - Outdoor Auto 04

Redmi Note 5 - Outdoor Auto 05

Redmi Note 5 - Outdoor Auto 06

Foto Dalam Ruangan dengan Mode Auto

Redmi Note 5 - Indoor
Foto dalam ruangan dengan cahaya cukup

Redmi Note 5 - Indoor Minim Cahaya
Foto dalam ruangan dengan cahaya minim

Foto Selfie Luar Ruangan

Redmi Note 5 - SelfieFoto selfie standar dengan mode auto

Redmi Note 5 - Selfie BeautyFoto selfie dengan mode beautifikasi di Redmi Note 5 dan level beautifikasi berada di level 3.

Baterai

Daya tahan baterai Redmi Note 5 cukup memuaskan. Ini karena besarnya kapasitas baterai yang digunakan yaitu 4.000 mAh dan dikombinasikan dengan manajemen baterai dari MIUI.

Untuk penggunaan sehari-hari saya seperti berselancar web dan berjejaring sosial tanpa bermain game, ponsel ini bisa tahan hingga 2 hari penuh. Jika ditambah dengan bermain game, daya baterai ponsel tentu lebih cepat habis namun masih tetap memuaskan.

Screen on time yang saya dapatkan di Redmi Note 5 dari level baterai 100% ke 15% adalah 5 jam 32 menit. Untuk skor benchmark baterai menggunakan Geekbench, skor yang dihasilkan adalah 5.610 yang mana di atas rata-rata ponsel yang beredar saat ini.

Untuk memaksimalkan performa daya baterai, Xiaomi menggunakan sistem manajemen aplikasi yang agak agresif di Redmi Note 5. Sistem operasi ponsel akan secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background. Jika ingin aplikasi tertentu tidak dioptimalisasi secara otomatis, untungnya terdapat fitur untuk menonaktifkan optimalisasinya di aplikasi tersebut.

Walaupun daya tahan baterai Redmi Note 5 cukup tangguh, namun sepertinya ada bug di sistem operasinya. Jika saya menggunakan aplikasi filter cahaya biru seperti aplikasi Night Mode di malam hari dan tertinggal tidur, daya baterai akan terus tersedot hingga aplikasinya dimatikan. Padahal kasus ini tidak saya temukan di ponsel lainnya.

Untuk pengisian baterainya sendiri masih menggunakan konektor microUSB biasa dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit untuk mengisi daya baterai dari level 11% ke 100% dengan menggunakan charger bawaan ponsel.

Hardware Lainnya

Xiaomi Redmi Note 5 - Kamera

Redmi Note 5 menggunakan slot kartu SIM ganda hybrid yang artinya bisa memilih antara menggunakan 2 kartu SIM atau 1 kartu SIM dengan 1 MicroSD. Kedua slot kartu SIM mendukung konektivitas 4G. Dan, jaringan 4G di kedua slot SIM tersebut dapat diaktifkan berbarengan.

Sesuai tradisi Xiaomi, Redmi Note 5 juga dilengkapi dengan IR Blaster yang membuat ponsel ini dapat digunakan sebagai remot untuk berbagai perangkat elektronik seperti televisi dan AC.

Speaker eksternal di Redmi Note 5 menghasilkan suara yang cukup kencang. Namun jika ingin menggunakan earphone, terdapat slot jack earphone di bagian bawah ponsel.

Software

Redmi Note 5 - MIUI

Redmi Note 5 saat ini sudah menggunakan sistem operasi Android Oreo 8.1 dan MIUI 9. Biasanya untuk urusan update software, Xiaomi rajin memberikan update MIUI namun untuk sistem operasi Androidnya itu sendiri agak lambat pembaruannya.

MIUI 9 sendiri tampil menarik dengan komposisi warna dan bentuk antarmukanya. Namun begitu, saya pribadi bukan penggemar MIUI terutama untuk urusan daftar aplikasi yang hanya berada di tampilan home. Untungnya di Android hal ini dapat dihindari dengan menggunakan launcher lain.

Xiaomi menyediakan berbagai aplikasi bawaan di Redmi Note 5 untuk menunjang fitur-fitur yang ada di ponsel seperti toko aplikasi Xiaomi, Mi Drop untuk transfer file, Mi Remote untuk membuat ponsel menjadi remot perangkat lain, hingga aplikasi komunitas Xiaomi.

Kesimpulan

Jika ingin ponsel dengan performa yang cepat, daya tahan baterai yang lama, dan kamera yang memuaskan maka Redmi Note 5 cocok untuk digunakan. Dengan ponsel Redmi Note 5 ini, Xiaomi kembali sukses menghadirkan ponsel yang memuaskan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Kelebihan

Performa tinggi
Daya tahan baterai tangguh
Kualitas kamera memuaskan
Harga ekonomis

Kekurangan

Kamera agak menonjol di belakang ponsel
Ada bug dengan aplikasi tertentu

Xiaomi Redmi Note 5
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • Xiaomi Redmi Note 5
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Agustus 15, 2018
  • Layar
    Editor: 80%
  • Performa
    Editor: 90%
  • Kamera
    Editor: 90%
  • Baterai
    Editor: 90%
  • Software
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar