ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

2 Cara Screenshot Vivo Y71 Untuk Menangkap Tampilan Layar

Cara Screenshot Vivo Y71 Header

Gadgetren – Pada bulan Apri 2018 silam, Vivo secara resmi meluncurkan meluncurkan smartphone layar penuh terbarunya di Indonesia, yakni Vivo Y71. Bisa dibilang perangkat yang satu ini memiliki spesifikasi hardware yang menarik.

Untuk memangkas harganya menjadi murah, Vivo pun menghilangkan sensor fingerprint pada bagian depan maupun belakangnya. Selain itu, kamera depan yang dibawanya hanya mempunyai resolusi 5 Mp dengan aperture f/2.2.

Beralih ke bagian belakang, Vivo Y71 ini ternyata dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP. Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 6 inci dengan resolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Hal ini pun membuat tombol fisik home digantikan dengan tombol virtual sehingga terjadi perubahan untuk melakukan screenshot pada smartphone ini.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan cara screenshot Vivo Y71 maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Screenshot Vivo Y71

Kombinasi tombol

  1. Pertama, Gadgeter dapat menentukan area yang akan diambil menjadi screenshot.
  2. Setelah ditentukan maka Gadgeter dapat menekan tombol volume bawah + power secara bersamaan dalam beberapa detik.
  3. Apabila layar berkedip dan suara shutter terdengar maka menandakan bahwa screenshot telah berhasil dilakukan.
  4. Nantinya Gadgeter dapat langsung melihat hasil screenshot pada aplikasi Gallery atau menu notifikasi.

S-Capture

  1. Setelah menentukan area yang akan di-screenshot maka Gadgeter dapat menyapu (swipe) jari dari bagian bawah ke tengah layar hingga muncul beragam menu.
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih S-Capture.
  3. Nantinya akan muncul menu S-Capture melayang yang terdiri dari Record Screenshot, Long Screenshot, Rectangular, dan Funny Screenshot.
  4. Untuk mengambil screenshot biasa maka Gadgeter dapat memilih menu Rectangular dan memperbesar area hingga memenuhi layar smartphone.
  5. Apabila telah selesai maka Gadgeter dapat langsung memilih menu Save.
  6. Nantinya hasil screenshot akan muncul pada menu notifikasi maupun aplikasi Gallery.

Sebagai catatan, Record Screenshot memungkinkan penggunanya dapat merekam aktivitas yang dilakukan pada smartphone, Long Screenshot memungkinkan penggunanya dapat mengambil screenshot secara panjang yang biasanya dilakukan untuk halaman website atau dokumen, dan Funny Screenshot memungkinkan penggunanya dapat mengambil screenshot dengan bentuk menarik.

Bisa dibilang cara yang pertama sangat mudah dilakukan, namun apabila Gadgeter menginginkan screenshot dengan hasil yang menarik maka dapat menggunakan cara kedua. Bisa dibilang Vivo telah menyiapkan kedua fitur tersebut tanpa membuat penggunanya repot dalam proses pengaturan.

Sekilas, Vivo Y71 telah diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz. Sebagai pendampinya, Vivo juga telah menyematkan RAM 3 GB dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD pada smartphone ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar