Smartphone

OPPO A3s vs Vivo Y83. Manakah HP Layar Berponi RAM 3 GB Terbaik?

OPPO A3s vs Vivo Y83 Header

Gadgetren – Setelah Vivo Y83 diluncurkan di dunia, ternyata OPPO pun mengembangkan smartphone kelas menengah tandingannya yang bernama OPPO A3s. Dengan desain dan spesifikasi hardware yang hampir setara, keduanya bersaing sengit.

Apabila Vivo Y83 menggunakan chipset buatan MediaTek generasi terbaru, berbeda dengan OPPO A3s yang memakai chipset Qualcomm Snapdragon generasi terbaru. Selain itu, keduanya sama-sama menggunakan layar berponi.

OPPO A3s sendiri memiliki dua kamera belakang, namun Vivo Y83 hanya menggunakan satu kamera belakang. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

OPPO A3s vs Vivo Y83

Layar

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar berteknologi IPS dengan resolusi HD+ (1.520 x 720 piksel), berponi pada bagian atasnya, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Untuk OPPO A3s dibekali dengan layar memiliki lebar 6,2 inci. Sementara Vivo Y83 dilengkapi layar dengan lebar 6,22 inci.

Spesifikasi hardware

OPPO A3s telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sementara Vivo Y83 telaih dibekali dengan chipset MediaTek Helio P22 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 3 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Terlihat Vivo Y83 memiliki performa yang lebih unggul.

Kamera

OPPO A3s mempunyai dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dan kamera depan 8 MP yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara Vivo Y83 memiliki kamera belakang 13 MP dan 8 MP yang dapat membuat foto dengan menarik. Terlihat kamera belakang A3s sedikit lebih unggul dari Vivo Y83.

Baterai

OPPO telah membenamkan baterai berkapasitas 4230 mAh pada A3s. Sedangkan Vivo Y83 dibekali dengan baterai yang mempunyai kapasitas 3260 mAh. Terlihat OPPO A3s memiliki daya tahan baterai yang lebih lama berkat kapasitas baterai dan Snapdragon 450.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan port microUSB 2.0, FM Radio, GPS, Bluetooth ,WiFi, dan port jack audio 3,5 mm. Apabila Vivo Y83 dibekali dengan sensor fingerprint dan FunTouch OS 4.0 berbasiskan Android 8.1 Oreo, OPPO A3s dilengkapi dengan ColorOS 5.1 berbasiskan Android 8.1 Oreo dan tidak mempunyai sensor fingerprint.

Harga

Vivo Y83 sendiri memiliki harga yang mencapai Rp 3,2 juta. Sementara OPPO A3s mempunyai harga yang mencapai RP 2,7 juta. Terlihat perangkat OPPO A3s memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Vivo Y83.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, sensor fingerprint, spesifikasi hardware, dan fitur maka Vivo Y83 dapat diunggulkan. Namun jika dilihat dari daya tahan baterai, kapasitas baterai, dan harga maka OPPO A3s bisa menjadi unggulannya.

Tinggalkan Komentar