Smartphone

OPPO A3s vs OPPO F7. Mana HP Layar Penuh Berponi Terbaik?

OPPO A3s vs OPPO F7 Header

Gadgetren – Kini OPPO A3s banyak menjadi pembicaraan orang karena memiliki harga yang terjangkau, namun desainnya mirip OPPO F7 maupun iPhone X yang mengusung layar penuh berponi atau notch di bagian atasnya.

Selain desainnya yang menarik, OPPO A3s ini juga dilengkapi dengan chipset Qualcomm yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai. Sementara OPPO F7 lebih mementingkan performa sehingga menggunakan chipset MediaTek Helio.

Dengan desain yang hampir sama, membuat banyak orang penasaran mengenai perbandingan dari kedua smartphone buatan OPPO ini. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan keduanya maka dapat melihat perbandingannya sebagai berikut ini.

OPPO A3s vs OPPO F7

Spesifikasi Hardware

Seperti penjelasan di atas, OPPO A3s menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core yang menjadi favorit banyak smartphone di tahun 2018 karena hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga.

Untuk mendampingi chipset tersebut, OPPO telah membekalinya dengan RAM 3 GB dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sementara OPPO F7 mempunyai chipset MediaTek Helio P60 Octa-core yang bertenaga berkat teknologi proses 12nm.

Bisa dibilang performa dari OPPO F7 ini dua kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan A3s. Apalagi RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB pun telah hadir pada OPPO F7 sehingga performanya terasa jauh lebih kencang dibandingkan A3s.

Layar

Kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan layar penuh IPS beraspek rasio 19:9 berponi atau notch pada bagian atasnya. Namun OPPO A3s lebar 6,2 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel).

Sementara OPPO F7 memiliki lebar 6,23 inci dengan resolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel). Meskipun desainnya hampir sama, tetapi F7 memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan A3s.

Kamera

OPPO A3s dilengkapi dengan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP yang dapat menghasilkan foto bokeh dengan instan. Namun F7 juga mampu menghasilkan foto bokeh, meskipun menggunakan satu kamera belakang 16 MP.

Sayangnya A3s hanya memiliki kamera depan 8 MP yang kalah dibandingkan dengan kamera depan miliki F7 dengan resolusi 25 MP. BIsa dibilang kualitas dari hasilnya foto yang dihadirkan pun akan berbeda jauh.

Baterai

OPPO A3s mempunyai baterai berkapasistas 4230 mAh yang diklaim pihak OPPO mampu bertahan selama 1 hari dalam pemakaian normal. Sementara OPPO F7 hanya dibekali dengan baterai yang mempunyai kapasitas 3400 mAh saja.

Fitur Lainnya

Keduanya sama-sama telah dibekali dengan dukungan jaringan 4G-LTE, Face Unlock, port microUSB 2.0, FM Radio, Bluetooth, GPS, dan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Sayangnya OPPO A3s tidak dilengkapi dengan sensor fingerprint, namun F7 memilikinya.

Harga

OPPO A3s dibanderol secara resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 2,7 juta. Sementara F7 dijual dengan harga yang mencapai Rp 4,2 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB dan Rp 5,1 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari spesifikasi hardware, performa, sensor fingerprint, fitur, dan kamera maka OPPO F7 yang lebih unggul. Namun jika dilihat dari daya tahan baterai, kapasitas baterai, dan harga maka OPPO A3s bisa menjadi pilihan.

Tinggalkan Komentar