ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2 yang Wajib Kamu Tahu

Xiaomi Mi A2 Header ok

Gadgetren – Baru-baru Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone Android One generasi terbarunya, yakni Mi A2. Smartphone yang satu ini hadir dengan spesifikasi hardware yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Sekilas, Xiaomi telah mengikuti program Android One yang bekerja sama dengan Google sejak Mi A1. Nantinya smartphone Xiaomi yang mengikuti program ini akan mendapatkan update terdepan dan tercepat selama 2 tahun.

Bahkan apabila smartphone Xiaomi biasanya akan lama mendapatkan MIUI dengan sistem Android terbaru, berbeda dengan smartphone Xiaomi yang mengikuti program Android One akan mendapatkan update yang sangat cepat.

Tentu saja, banyak orang di berbagai negara yang telah menunggu kehadiran dari Mi A2 ini. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Mi A2 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kelebihan Xiaomi Mi A2

Layar Penuh Full HD

Mengikuti tren saat ini, Xiaomi Mi A2 telah dibekali dengan layar penuh atau biasa disebut Full View dengan lebar 5,99 inci beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS LCD, dan beraspek rasio 18:9 yang tentunya tidak memiliki poni.

Spesifikasi Bertenaga

Chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core yang ditanamkan pada MI A2 merupakan pilihan yang tepat karena memiliki performa yang bertenaga berkat teknologi proses 14nm. Dalam mendampingi chipset tersebut, Xiaomi pun telah membekali Mi A2 dengan RAM yang mempunyai pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal yang memiliki pilihan 32 GB, 64 GB, atau 128 GB.

Dua Kamera belakang 12 MP + 20 MP

Seperti smartphone Xiaomi masa kini, Mi A2 telah dilengkapi dengan dua kamera belakang beresolusi 12 MP + 20 MP, PDAF, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto berefek bokeh (background blur) dengan optimal.

Kamera Selfie 20 MP

Untuk memanjakan pencinta selfie, Xiaomi pun menghadirkan kamera depan beresolusi 20 MP pada smartphone yang satu ini. Kamera depannya pun dibantu dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga hasilnya lebih bagus.

Android Murni

Bagi sebagian orang, mungkin MIUI yang hadir di smartphone Xiaomi dianggap berat dan boros RAM. Untuk itu, Xiaomi menghadirkan sistem operasi Android 8.1 Oreo murni pada Mi A2 yang akan memiliki update cepat dibandingkan smartphone Xiaomi dengan MIUI.

Update Android Terdepan

Mi A2 merupakan smartphone Xiaomi yang mengikuti proyek Android One sehingga Google menjamin update sistem operasi Android terbaru yang lebih duluan dibandingkan dengan produk dari perusahaan lainnya.

Kekurangan Xiaomi Mi A2

Harganya Mahal

Bisa dibilang Xiaomi Mi A2 harganya lebih mahal dari generasi sebelumnya karena dibanderol mencapai Rp 4,2 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 32 GB, Rp 4,7 untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan Rp 5,9 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Tidak Ada NFC

Untuk smartphone dengan harga Rp 4 juta ke atas seharusnya sudah memiliki teknologi NFC (Near Field Communication) yang memiliki banyak fungsi, seperti transfer data, mengecek saldo emoney, mengisi saldo emoney, atau pembayaran digital.

Tidak ada port jack audio

Berbeda dengan Mi A1, smartphone terbaru Xiaomi ini tidak memiliki port jack audio 3,5mm sehingga harus menggunakan port USB Type-C agar bisa menghubungkannya dengan earphone atau headphone.

Dalam paket penjualannya disediakan kabel konverter dari jack audio 3,5mm ke USB Type-C. Namun bisa dibilang tidak praktis karena ukuran kabel akan memanjang dan kabel konverter pun lebar sehingga tidak enak untuk dipakai lama.

Tidak Bisa ditambah microSD

Meskipun Xiaomi Mi A2 dibekali dengan dua slot kartu SIM, namun ternyata tidak memiliki slot microSD. Dengan kata lain, penggunanya tidak dapat menambahkan kapasitas penyimpanan karena absennya microSD.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar