ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita

Kirin 710, Chipset Canggih 12nm Pertama Huawei yang Jadi Otak Huawei Nova 3i

Huawei Kirin Header

Tak hanya smartphone, Huawei juga cukup piawai dalam mengembangkan chipset buatannya sendiri yang bernama Kirin. Baru-baru ini Huawei telah meluncurkan chipset kelas menengah terbarunya yang bernama Kirin 710.

Apabila Kirin 659 terdahulu menggunakan teknologi proses 16nm, berbeda dengan Kirin 710 yang sudah menggunakan teknologi proses 12nm. Selain terjadi peningkatan performa, tentu saja Kirin 710 lebih hemat dalam mengonsumsi daya baterai dibandingkan Kirin 659.

Secara lengkapnya, performa Kirin 710 lebih tinggi 75% dibandingkan dengan Kirin 659 pada pengujian single-core. Sementara pada pengujian multi-core, Kirin 710 berhasil meningkatkan performanya sebanyak 68% dibandingkan dengan Kirin 659.

Chipset terbaru Huawei ini memilik konfigurasi yang terdiri dari Quad-core Cortex-A73 berkecepatan 2,2 GHz + Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,7 GHz. Bahkan pihak Huawei mengklaim bahwa GPU ARM Mali G5 yang dimiliki oleh chipset ini 1,3 kali lebih bagus daripada GPU milik 659, namun dengan sedikit peningkatan efisiensi konsumsi energi.

Kirin 710 juga telah mendukung jaringan 4G-LTE Cat 12 dan Cat 13 yang mempunyai kecepatan download hingga 600 Mbps. Selain itu, chipset ini juga telah mendukungan dua kartu SIM dengan dual-4G VoLTE.

Dengan hadrinya VoLTE ini memungkinkan pengguna smartphone dengan chipset Kirin 710 dapat menikmati telepon jernih dengan menggunakan jaringan 4G-LTE. Sementara itu, Huawei juga memberikan peningkatan performa kamera dalam kondisi low-light dan dukungan Face Unlock serta Scene Recognition pada chipset ini.

Penamaan Kirin 710 sendiri sepertinya untuk menandingi chipset Qualcomm kelas menengah lainnya yang bernama Snapdragon 710. Baik performa, fitur, dan efisiensi konsumsi baterai yang ditawarkan oleh Kirin 710 sangat bersaing dengan Snapdragon 710.

Chipset buatan Huawei ini sendiri telah disematkan pada Huawei Nova 3i yang telah hadir di luar negeri. Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Huawei juga telah menyematkan RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB.

Selain itu, Huawei Nova 3i juga memiliki layar 6,3 inci berponi dengan resolusi Full HD+ beraspek rasio 19,5:9 yang telah memenuhi bagian depannya. Dari sektor kamera, smartphone ini juga telah dibekali 4 kamera sekaligus dengan 2 kamera depan beresolusi 24 MP + 2 MP dan 2 kamera belakang beresolusi 16 MP + 2 MP.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar