ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Xiaomi Mi A2 Lite Siap Pakai Snapdragon 625 dan Layar Penuh Berponi. Masih Murahkah?

Xiaomi Redmi 6 Pro Header Red

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Xiaomi Mi A2 akan secara resmi dirilis pada tanggal 24 Juli 2018 di Spanyol. Namun sebelum peluncurannya tiba, telah muncul bocoran mengenai saudaranya yang bernama Mi A2 Lite.

Informasi mengenai Mi A2 Lite sendiri muncul dari situs ritel asal Polandia. Sebenarnya beberapa bulan lalu, pernah muncul bocoran juga mengenai Mi A2 Lite yang telah lulus sertifikasi dari Badan Otoritas Komunikasi Singapura.

Apabila Mi A2 dikabarkan akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core, maka Mi A2 Lite akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core. Sekilas, performa dan harga dari Snapdragon 625 lebih rendah dibandingkan dengan Snapdragon 660.

Kemungkinan besar harga Mi A2 akan lebih mahal dibandingkan dengan Mi A1 sehingga Xiaomi menciptakan Mi A2 Lite agar bisa dibeli oleh orang dengan harga yang terjangkau. Meskipun spesifikasi hardware yang ditawarkan lebih rendah, namun smartphone terbaru Xiaomi ini akan memiliki desain yang modern.

Mi A2 Lite akan mempunyai layar 5,84 inci dengan resolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Bahkan poni atau notch pun telah hadir pada bagian atas layarnya.

Dapur pacunya sendiri akan dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz yang favorit digunakan banyak smartphone dari tahun 2016 hingga saat ini. Selain harganya yang semakin murah, chipset ini hemat dalam mengonsumsi daya baterai dan memiliki performa yang bagus berkat teknologi proses 14nm.

Untuk mendampinginya, Xiaomi juga akan menyematkan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Bisa dibilang spesifikasi hardware yang dibawa oleh Mi A2 Lite hampir sama dengan Mi A1 yang rilis tahun 2017 silam.

Soal urusan fotografi, Mi A2 Lite akan dilengkapi dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi 12 MP + 5 MP yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan rapi dan instan. Sementara kamera depannya hanya akan mempunyai resolusi 5 MP.

Uniknya justru Mi A2 Lite memiliki kapasitas baterai 4000 mAh yang lebih besar dibandingkan dengan Mi A2 dengan 3000 mAh. Dengan kombinasi Snapdragon 625 dan kapasitas baterai tersebut, maka membuat Mi A2 Lite dapat bertahan seharian dalam pemakaian normal.

Sayangnya masih belum jelas mengenai sistem operasi yang akan digunakan oleh Mi A2 Lite, apakah akan menggunakan MIUI 10 atau sistem operasi Android murni seperti milik smartphone Android One Mi A1.

Berdasarkan bocoran yang beredar, terlihat bahwa harga Mi A2 Lite akan mencapai 1049 Zloty Polandia atau sekitar Rp 4,06 juta. Bisa dibilang harga ini mahal karena pajak di negara Polandia memang cukup mahal sehingga kemungkinan besar apabila hadir di Indonesia harganya akan menjadi Rp 2,8 juta – Rp 3,3 juta.

[Sumber : Gizmochina]

Mi A2 Lite Passes Through Singapore’s Communications Authority

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar