ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Microsoft Hadirkan Surface Go yang Punya Harga Jauh Lebih Terjangkau

Microsoft Surface Go Header

Gadgetren – Microsoft selaku membuat sistem operasi Windows juga memiliki perangkat sendiri, yakni lini Surface.

Kehadiran perangkat Surface sendiri ditujukan agar pengguna Windows dapat memaksimalkan segala fitur dan performa optimal untuk digunakan berkegiatan. Selain itu, Surface terkenal akan pembuatannya yang premium menyaingi produk-produk dari kompetitor seperti Apple. Maka dari itu tidak heran kalau Microsoft Surface punya harga yang cukup tinggi.

Namun hal tersebut sepertinya akan mulai karena produk terbarunya, Microsoft Surface Go, punya harga bandrol yang terbilang jauh lebih terjangkau. Microsoft memiliki tujuan untuk menghadirkan perangkat Surface terkecil, teringan, dan harga paling terjangkau untuk memenuhi berbagai kebutuhan produktivitas semua orang.

Microsoft Surface Go ini merupakan perangkat yang sangat portable dengan bobot hanya 0,5 kg (belum termasuk keyboard) dan ketebalan 8,3 mm saja. Desain premium berbagan magnesium memungkinkan Surface Go kokoh, namun tetap ringan. Ukurannya yang hanya 10 inci akan membuatnya sangat mudah untuk dibawa ke mana saja.

Tidak ketinggalan kickstand pada bagian belakang yang dapat terbuka hingga 165 derajat agar bisa digunakan dalam modus studio. Selain itu juga kamera dari Surface Go sudah dipastikan mendukung teknologi Windows Hello untuk proses sign-in menggunakan pengenal wajah yang lebih man dan cepat dibandingkan password.

Surface Go juga dilengkapi layar resolusi tinggi bernama PixelSense yang mendukung Surface Pen dengan tingkat sensitivitas tekanan mencapai 4096 dan latensi rendah agar kamu dapat menulis atau menggambar ccera akurat. Layar PixelSens ini juga telah dikalibrasi 3:@ agar nyaman di mata saat melihat gambar berwarna dengan kontras tinggi.

Microsoft Surface Go Desain

Seluruh Surface Go nantinya akan menggunakan prosesor Intel Pentium Gold 4415Y dengan beberapa varian yang berbeda pada bagian RAM dan penyimpanan internal. Surface Go akan tersedia dalam pilhian RAM 4GB dengan eMMC 64GB atau RAM 8GB dengan penyimpanan NVMe SSD 128GB. Sistem operasinya sendiri akan langsung menjalankan Windows 10 in S Mode dari pabriknya.

Konektivitasnya menawarkan USB 3.1 Type-C yang dapat digunakan untuk transfer data atau isi daya, microSD, audio jack, dan charging dock. Laptop seminimalis ini memang biasanya tidak menawarkan banyak port sehingga dapat cukup dimaklumi, namun tambahan satu ada dua USB-C port bisa membuatnya lebih ideal.

Microsoft Surface Go sudah mulai dijual pada tanggal 10 Juli 2018 untuk beberapa negara terpilih dan hadir di toko ritel mulai Agustus 2018. Untuk harganya sendiri, varian paling murah dibandrol $399 atau sekitar Rp 5,7 juta. Harga tersebut belum termasuk keyboard cover dan stylus yang masing-masing dijual terpisah seharga mulai dari $99 atau Rp1,4 juta.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar