Berita

Microsoft Tengah Siapkan Windows 10 Lean Edition yang Lebih Ringkas

Gambar Windows 10 hero
Gadgetren – Windows hingga saat ini masih tetap menjadi sistem operasi paling dominan untuk digunakan oleh perangkat komputer pribadi seperti laptop dan dekstop.

Windows 10 diawal kehadirannya digadang sebagai sistem operasi terakhir dari Microsoft setidaknya untuk sementara waktu ini. Hal tersebut sepertinya sudah terbuktikan dengan masih diteruskannya menambahan fitur terbaru untuk semua tipe Windows 10 baik itu Home maupun Pro.

Kabar terbarunya, Microsoft tengah mempersiapkan sebuah varian baru dengan nama sandi “Lean edition” untuk perangkat yang punya penyimpanan sedikit. Edisi terbaru ini dirumorkan lebih menyasar pada perangkat kelas bawah baik itu laptop atau tablet agar tetap dapat menggunakan sistem operasi anyar ini dan mendapatkan update terbaru yang ada.

Pada Windows 10 test build (17650) ditemukan kalau Lean Edition dapat memangkas penggunaan penyimpanan sekitar 2GB. Pemotongan tersebut dihasilkan dari menonaktifkan komponen maupun itur yang secara umum tidak akan digunakan pada perangkat tersebut seperti aplikasi lawas semacam Internet Explorer hingga fitur Regedit.

Seperti yang kita ketahui laptop dengan harga yang sangat murah saat ini tidak jarang hanya memiliki penyimpanan 16GB atau 32GB saja untuk tetap menjaga desain yang ringkas serta performa yang lebih baik dibandingkan HDD mekanik. Tentunya pengguna yang sering memasang banyak aplikasi atau punya banyak data akan merasa kekurangan.

Sebelumnya Microsoft sendiri juga telah merilis Windows 10 S sebagai versi “murah”, namun akhirnya membatalkan rencana tersebut dan akan menggabungkannya ke semua versi Windows 10 sebagai mode baru. Windows 10 S sendiri ditujukan untuk memberikan kinerja lebih ringan dengan timbal balik tidak bisa menggunakan aplikasi di luar Windows Store dan batasan-batasan lainnya.

Pastinya peningkatan-peningkatan ini akan sangat bagus buat konsumen karena dapat memilih dan menyesuaikan kebutuhan dengan varian Windows 10 mana yang diinginkan tanpa harus ada biaya tambahan atau mengganti lisensi yang tidak lah murah.

Windows 10 sendiri hingga saat ini masih bisa didapatkan secara gratis dengan berbagai trik melalui fitur Update secara legal selama kamu memang punya Windows versi asli sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mendorong pengguna beralih menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft ini.

Besar kemungkinan info terbaru mengenai perkembangan Windows 10 akan resmi diperkenalkan pada konferensi Microsoft di May 2018 mendatang.

Leave a Comment