Berita Feature Phone

Cuma Rp 600 Ribuan, HP 4G ini Punya WhatsApp dan NFC

JioPhone 2 Header

Reliance Jio merupakan salah satu perusahaan asal India yang terkenal dengan telekomunikasi dan pengembangan ponsel yang dimilikinya.

Bahkan ponsel dan smartphone yang dikembangkan oleh Reliance Jio biasanya memiliki fitur yang menarik, namun harganya terjangkau. Menariknya, Jio baru saja meluncurkan ponsel 4G murah dengan nama JioPhone 2.

Selain memiliki kemampuan jaringan 4G-LTE dengan kecepatan download hingga 150 Mbps, JioPhone 2 telah dilengkapi dengan teknologi VoLTE yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan panggilan atau telepon menggunakan jaringan 4G-LTE.

Fitur VoWiFi juga ikut dihadirkan pada ponsel ini sehingga memungkinkan penggunanya dapat memanfaatkan jaringan internet Wi-Fi apapun ketika sedang berada di luar jangkauan 4G-LTE. Bisa dibilang ini merupakan salah satu solusi apabila sinyal hilang.

Bahkan teknologi NFC yang biasanya hadir di smartphone mahal pun sudah disematkan pada JioPhone 2. Kita ketahui bersama bahwa NFC dapat digunakan untuk mentransfer data, melakukan pembayaran digital, mengisi saldo uang digital, mengecek data digital, dan masih banyak lagi.

Layarnya sendiri memiliki lebar 2,4 inci dengan resolusi QVGA karena JioPhone 2 memiliki tombol D-Pad untuk arah maupun telepon dan keyboard QWERTY untuk mengetik huruf maupun angka pada pesan yang akan disampaikan.

Dari sektor hardware, smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Dual-core, RAM 512 MB, dan storage internal 4 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB. Sistem operasinya sendiri menggunakan KaiOS sehingga dapat dengan ringan menjalankan aplikasi.

Menariknya, aplikasi populer seperti WhatsApp, Facebook dan YouTube telah hadir di dalamnya. Kita ketahui bersama bahwa ketiga aplikasi ini sangat populer digunakan oleh banyak orang, terutama WhatsApp dan Facebook yang memiliki pengguna lebih dari 1 miliar.

Soal urusan fotografi, JioPhone 2 telah dilengkapi dengan kamera belakang 2 MP dan kamera depan 0,3 MP. Bisa dibilang resolusi kamera depan maupun belakang ponsel ini memang tidak terlalu bisa diharapkan, namun dalam hal video call sudah dapat digunakan dengan lancar.

Berkat spesifikasi hardware yang tidak tinggi, baterai berkapasitas 2000 mAh yang disematkan pada JioPhone 2 dapat bertahan dengan lama. Selain itu, GPS, Bluetooth LE, Wi-Fi, dan FM Radio telah hadir dalam smartphone yang satu ini.

Untuk harga JioPhone 2 mencapai 3000 Rupee atau sekitar Rp 626 ribu. Bisa dibilang ponsel ini cocok bagi orang yang memiliki budget minim, namun ingin menikmati jaringan 4G-LTE. Feature Phone ini sendiri baru dijual di India.

[Sumber : GSMArena]

Leave a Comment