Berita Tips dan Trik

Gini Caranya Coba iOS 12 Public Beta, Termasuk Untuk iPhone 5s Loh

iOS 12 Header

Gadgetren – iOS 12 sudah resmi dikenalkan oleh Apple pada ajang WWDC 2018 yang telah diselenggarakan pada bulan Juni lalu.

iOS 12 untuk iPhone sendiri kabarnya akan lebih fokus terhadap optimalisasi dan peningkatan performa ketimbang menambah fitur baru. Tentu ini harus disambut baik kalau Apple memang mampu membuat iPhone menjadi lebih cepat lagi dalam berbagai hal khususnya membuka aplikasi. 

Kabar baiknya, iOS 12 dapat diunduh hingga generasi iPhone 5s yang berarti untuk pertama kalinya Apple memberikan dukungan software selama 5 tahun. Tidak heran memang mengingat iPhone 5s sebenarnya sudah mengugnakan prosesor berasitektur 64-bit sehingga harusnya masih punya performa yang tidak kalah dibandingkan kebanyakan smartphone masa kini. 

Pihak Apple belakangan ini memang terlihat mencoba memberikan update yang meringankan perangkat lawas. Salah satu yang telah dilakukan oleh Apple adalah dengan mengurangi kapasitas yang digunakan oleh sistem serta memberikan fitur Offload aplikasi yang jarang digunakan sehingga perangkat lawas yang punya kapasitas penyimpanan kecil dapat sedikit lebih leluasa. 

Nah di iOS 12 sendiri salah satu perubahan yang paling ditunggu-tunggu merupakan pengelompokan notifikasi per aplikasi dan juga peningkatan performa hingga 70% untuk aplikasi tertentu. Selain itu juga ada pengaturan untuk mengatur kecepatan prosesor agar daya tahan baterai bisa menjadi lebih lama. 

Buat kamu yang tidak sabar untuk mencobanya bisa mengikuti cara download iOS 12 Public Beta berikut ini. Namun perlu diingat dikarenakan update ini masih bersifat Beta, maka sistem operasi masih belum stabil dan muncul bug tidak diinginkan. 

Cara Download iOS 12 Public Beta 

  1. Kunjungi halaman Apple Beta Software Program di tautan ini menggunakan iPhone. 
  2. Masuk dengan menggunakan akun iCloud kamu. 
  3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk melakukan enroll perangkat iPhone yang sedang digunakan. 
  4. Download konfigurasi profile baru yang diberikan oleh Apple. 
  5. Setelah iPhone restart otomatis, kunjungi Settings  > General > Software Update. 
  6. Kamu akan melihat update baru berupa iOS 12 Public Beta. 
  7. Download dan Install update lalu kemudia tunggu hingga proses selesai. 
  8. Terakhir iPhone akan kembali melakukan restart dan saat menyala kamu sudah langsung menggunakan iOS 12 Public Beta. 

iOS 12 Public Beta Update

Mudah bukan? Jangan lupa sebelum melakukan update sebaiknya kamu membuat backup iPhone secara menyeluruh dulu dengan menggunakan software iTunes yang ada di laptop atau komputer. Dengan begitu kalau kamu merasa kurang suka dengan update iOS 12 ini, maka kamu dapat kembali dengan mudah menggunakan iOS versi sebelumnya. 

Update tidak muncul? Pastikan kalau perangkat kamu masuk ke dalam daftar ini: iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPad Air, iPad Air 2, iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4 iPad 9,7 inci, iPad Pro 9,7 inci, iPad Pro 12.9 inci, iPad Pro 10.5 inci, iPod touch (sixth generation).

Leave a Comment