Tips dan Trik

Cara Screenshot Samsung Galaxy A6 Plus Untuk Menangkap Layar

Cara Screenshot Samsung Galaxy A6 Plus Header

Gadgetren – Setiap tahunnya, Samsung selalu berinovasi dalam menciptakan smartphone dengan spesifikasi hardware, desain, dan fitur yang menarik.

Kini pada tahun 2018 ini, Samsung berusaha mengimplementasikan layar penuh Infinity Display pada berbagai smartphone miliknya. Hal ini pun terlihat pada Samsung Galaxy A6 Plus yang mengusung layar 6 inci dengan desain Infinity Display yang memiliki bezel kecil.

Layarnya sendiri mempunyai resolusi Full HD+ (2.220 x 1.080 piksel), berteknologi Super AMOLED, dan beraspek rasio 18,5:9 yang memenuhi bagian depannya. Bahkan teknologi Always-on display pun turut juga hadir di dalamnya yang memungkinkan Galaxy A6 Plus dapat memberikan informasi jam, tanggal, cuaca, dan notifikasi ketika layar istirahat.

Akibat layarnya yang memenuhi bagian depan, maka tombol fisik Home terpaksa dihilangkan oleh pihak Samsung. Untuk itu, banyak sebagian pengguna Samsung yang bingung untuk melakukan kombinasi screenshot karena biasanya menggunakan kombinasi tombol Home.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan cara screenshot pada Samsung Galaxy A6 Plus maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A6 Plus

Kombinasi Tombol Fisik

  1. Pertama, Gadgeter dapat menyalakan Samsung Galaxy A6 Plus terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, tentukan area yang akan diambil screenshot.
  3. Setelah area ditentukan maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  4. Nantinya suara shutter akan terdengar dan layar akan berkedip yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  5. Hasil screenshot ini secara otomatis akan muncul pada menu notifikasi di bagian atas layar atau Gadgeter dapta langsung mengakses aplikasi Gallery.

Menggunakan Gesture

  1. Pertama, Gadgeter dapat masuk ke dalam menu Settings di smartphone Samsung Galaxy A6 Plus.
  2. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih menu Motion.
  3. Dalam halaman Motion, Gadgeter dapat mencari Hand Motions dan melakukan checklist pada Palm Swipe to capture check-box.
  4. Setelah selesai maka Gadgeter tinggal menuju area yang di-screenshot.
  5. Kini Gadgeter dapat langsung menyusun tangan agar seperti pisau ke arah bawah dan melakukan swipe secara horizontal dari bagian kiri ke kanan.
  6. Nantinya layar akan berkedip dan suara shutter terdengar yang menandakan bawa screenshot telah selesai diambil.
  7. Gadgeter dapat melihat hasil screenshot pada aplikasi Gallery atau menu notifikasi di bagian atas layar.

Bisa dibilang kedua cara ini dapat memudahkan pengguna Samsung Galaxy A6 Plus dalam melakukan kombinasi screenshot. Namun saya lebih menyukai cara pertama karena dapat dilakukan secara langsung tanpa harus melakukan pengaturan di menu Settings. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar