Berita Smartphone

BlackBerry KEY2 Resmi dengan RAM 6 GB dan Dua Kamera, Andalkan Desain Klasik QWERTY

Kini BlackBerry telah memberikan lisensi pengembang smartphone miliknya kepada 3 perusahaan yang terdiri dari PT BB Merah Putih dari Indonesia, TCL Mobile dari Tiongkok, dan Optiemus dari India.

Dari ketiga perusahaan tersebut, TCL Mobile merupakan vendor yang ditunjuk BlackBerry untuk meluncurkan smartphone internasionalnya. Hal ini terbukti dengan peluncuran BlackBerry KEY2 di New York yang diselenggarakan beberapa jam lalu.

Smartphone yang satu ini memiliki desain klasik dari Blackberry dengan menggunakan keyboard QWERTY fisik di bagian bawah layar yang bisa dibilang memang sangat nyaman untuk digunakan ketika mengetik sesuatu.

Hal ini pun berimbas pada layar sentuhnya yang memiliki lebar 4,5 inci dengan resolusi 1.620 x 1.080 piksel, berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3, dan beraspek rasio 3:2 yang lebih kecil dibandingkan smartphone Android pada umumnya.

Dengan kata lain, BlackBerry ini menawarkan nuansa smartphone generasi sebelumnya yang sangat ikonik dengan ciri khas QWERTY fisik. Bisa dibilang BlackBerry sendiri sempat jaya di Indonesia beberapa tahun karena fitur yang satu ini.

Menurut pihak BlackBerry, QWERTY keyboard smartphone yag satu ini lebih besar 20% dibandingkan milik dengan KEYone. Bahkan terdapat tombol baru yang diberi nama Speed Key. Nantinya tombol ini memiliki fungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses aplikasi dengan kombinasinya bersama keyboard.

Sebagai contohnya, apabila pengguna BlackBerry KEY2 ingin mengakses WhatsApp maka dapat mencoba kombinasi Speed KEY + W. Selain itu, penggunanya dapat juga mengakses Instagram dengan menggunakan kombinasi Speed Key + I untuk mengakses Instagram.

Dari sektor hardware, bisa dibilang BlackBerry KEY2 ini bisa bertarung di kelas mid-end karena menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core yang dikombinasikan dengan RAM 6 GB dan storage internal 128 GB.

Meskipun smartphone BlackBerry rata-rata digunakan untuk penggunaan bisnis atau pekerjaan dari penggunanya, namun spesifikasi hardware yang ditawarkan smartphone ini mampu menjalankan game atau aplikasi berat sekalipun.

Soal urusan fotografi, BlackBerry KEY2 telah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi 12 MP dengan lensa standar + 12 MP dengan lensa telephoto. Selain mampu melakukan foto 2x losles Zoom, dua kamera belakang ini juga mampu menghasilkan foto berefek bokeh (background blur) dengan rapi dan instan.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang sudah cukup baik untuk menghasilkan foto selfie atau wefie. Baterai berkapasitas 3500 mAh yang hadir di dalamnya diklaim pihak BlackBerry mampu bertahan selama 2 hari dalam pemakaian normal.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, port USB Type-C, port jack audio 3,5mm, NFC, fitur BlackBerry DTEK security, dan sistem operai Android 8.1 Oreo telah hadir di dalamnya. BlackBerry KEY2 akan dijual secara resmi di global dengan harga yang mencapai US$649 atau sekitar Rp 9,06 juta.

Namun dikabarkan BlackBerry sudah memulai pre-order duluan untuk beberapa negara terpilih, seperti Amerika Serikat, Inggris, Uni Emirat Arab, Kanada, Jerman, Tiongkok, dan Perancis. Selain itu, BlackBerry KEY2 memiliki dua pilihan warna yang terdiri dari Black dan Silver.

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar