ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Lupakan Touchpad!! Ini ASUS ZenBook Pro 2018 yang Punya ScreenPad

ASUS ZenBook Pro 15 Header

Gadgetren – Rasanya ASUS tidak pernah berhenti untuk selalu memberikan kejutan pada lini laptop mereka.

Pada ajang Computex Taipei 2018 yang dilaksanakan pada 5 Juni 2018, ASUS telah memperkenalkan laptop ZenBook Pro baru. Namun ada yang berbeda pada ZenBook satu ini yang dijamin akan membuat banyak orang jatuh hati.

ASUS ZenBook Pro 15 dan 14 terbaru nantinya akan menggunakan touchscreen di bagian bawah keyboard (dinamakan ScreenPad) menggantikan touchpad yang sudah umum hadir di laptop. Touchscreen tersebut dapat befungsi sebagai penggerak kursor biasa maupun layar yang berisikan berbagai launcher aplikasi, numpad, tombol media, dan lain-lain. Inovasi ini sangat patut ditunggu bahkan mungkin saja mampu mengubah desain laptop masa depan.

ScreenPad tersebut merupakan layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Segala fitur touchpad masa kini seperti Windows 10 gesture dipastikan tetap hadir. Menariknya berkat ukuran layar yang tidak jauh berbeda dengan smartphone, ScreenPad ini bisa digunakan untuk menampilkan layar smartphone ASUS melalui aplikasi sinkronisasi yang ada.

ASUS ZenBook Pro 15 ScreenPad

Dengan adanya “layar kedua” ini bisa saja merubah kebiasaan kita dalam menggunakan laptop. Apalagi di era sekarang ini cukup banyak rasanya aktivitas yang dapat menjadi lebih mudah menggunakan sebuah touchscreen dibandingkan harus selalu menggerakan kursor.

Untuk spesifikasi laptopnya ZenBook Pro sendiri pastinya sangat bertenaga seperti pendahulunya. Varian tertinggi ZenBook Pro 15 inci menggunakan Intel Core i9-9850K, NVIDIA GeForce GTX 1050Ti, 1TB SSD, dan layar 4K. Untuk model ZenBook Pro 14 inci terdapat prosesor Intel Core i7, NVIDIA GeForce 1050 Max-Q, dan layar Full HD.

Dengan segala spesifikasi tersebut, pihak ASUS mengatakan kalau ZenBook Pro 15 mampu bertahan selama 10 jam penggunaan sedangkan untuk ZenBook Pro 14 sekitar 7-8 jam saja. Penurunan daya tahan tersebut diperkirakan akibat adanya ScreenPad yang pasti cukup menguras daya. Maka dari itu kamu bisa memilih opsi mematikannya saat menggunakan mouse eksternal.

ASUS ZenBook Pro 15 Depan

Kedunya masih punya bobot yang terbilang cukup ringan dengan kisaran 1,5 Kg untuk model 14 inci dan 1,9 Kg untuk model 15 inci. Soal kualitas bahan pembuatan sudah tidak perlu ditanyakan lagi, ciri khas ZenBook sangat mencolok pada perangkat satu ini.

Buat kamu yang tertarik dengan ZenBook Pro besutan ASUS ini harus siap-siap mengeluarkan dana yang tidak sedikit. ZenBook Pro 15 nantinya dibandrol mulai dari $2.299 atau sekitar Rp32 juta. Selain itu juga ada varian yang tidak menggunakan ScreenPad seharga $1.799 atau sekitar Rp24 juta.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar