Berita Smartphone

Nokia 2.1 Resmi Hadir dengan Baterai 4000 mAh dan Android Go

Nokia 2.1 Header

Selain Nokia 3.1 dan Nokia 5.1, HMD Global juga telah meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama Nokia 2.1 di dunia.

Perangkat yang satu ini telah dilengkapi layar 5,5 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan memiliki kaca Oleophobic Coating yang tidak dilengkapi dengan kaca anti gores Corning Gorilla Glass. Selain itu, layar smartphone ini beraspek rasio 16:9 tradisional sehingga belum mengikuti desain kekinian.

Menariknya, Nokia 2.1 ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz. Bisa dibilang smartphone ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan Nokia 2 yang hanya menggunakan Snapdragon 212.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Nokia 2.1 ini telah dilengkapi dengan RAM 1 GB dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD apabila penggunanya merasa penyimpanan internalnya kurang lega.

Dari sektor kamera, Nokia 2.1 sendiri telah dilengkapi dengan kamera utama 8 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto cukup baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau video call dengan lancar.

Salah satu fitur unggulannya masih terdapat pada baterainya yang berkapasitas 4000 mAh yang diklaim oleh pihak HMD Global dapat bertahan selama 1 hari dalam pemakaian normal. Tentu saja hal ini menarik karena smartphone terjangkau dapat memiliki daya tahan baterai.

Dengan spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi, HMD Global telah membekali Nokia 2.1 dengan sistem operasi Android Go (Oreo Edition). Berkat hadirnya sistem operasi ini memungkinkan smartphone dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan beberapa aplikasi Lite atau Go yang terdiri dari YouTube Go, Google Maps Go, Files Go, Google Go, Datally, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa memerlukan RAM dan kapasitas storage yang besar karena sudah didesain Google dengan sangat baik.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth 4.2, port microUSB, dan port jack audio 3,5mm. Smartphone yang satu ini dijual dengan harga yang mencapai US$115 atau sekitar Rp 1,6 juta. Menurut Gadgeter, apakah smartphone ini layak untuk dibeli? Mengingat spesifikasi hardware yang ditawarkan mengejar kelas entry-level, namun harganya masih cukup mahal.

[Sumber : Androidcentral]

Tinggalkan Komentar