Berita

Vivo Indonesia Perkenalkan X21 UD dengan Sensor Fingerprint di Bawah Layar

Hari ini Vivo Indonesia mengadakan acara Buka Puasa Bersama dengan Media. Selain memperat silaturahim, Vivo Indonesia juga turut memperkenalkan 3 smartphone miliknya yang bernama Vivo X21, Vivo X21 UD, dan Vivo APEX.

Pada saat pertama kali melihat ketiga smartphone ini, saya sangat tertarik dengam Vivo X21 UD (Under Display) yang memiliki sensor fingerprint di bawah layar. Bisa dibilang Vivo merupakan salah satu perintis smartphone pertama dengan sensor fingerprint di bawah layar, yakni X20 UD. Dengan kata lain, Vivo X21 UD ini merupakan smartphone generasi kedua Vivo dengan sensor ini.

Selain itu, Vivo X21 UD sudah mengalami penyempurnaan dibandingkan generasi sebelumnya. Dalam kesempatan tersebut, saya mencoba untuk menggunakan sensor fingerprint di bawah layar. Seperti proses pada umumnya, saya masuk ke menu pengaturan sidik jari untuk melakukan kalibrasi.

Sebelum dimulai, smartphone akan menginstruksikan agar saya mengaktifkan password maupun PIN untuk mengunci smartphone. Setelah proses pengaktifan kunci smartphone selesai maka saya pun melakukan kalibrasi secara perlahan agar Vivo X21 UD dapat membaca sensor fingerprint dengan akurat.

Pada saat kalibrasi selesai maka saya dapat langsung mengunci smartphone dan mengaktifkan kembali smartphone. Kemudian layar akan menyala dan akan muncul tanda sidk jari di layar. Nah, setelah saya menekan tanda sidik jari di layar maka secara otomatis kunci smartphone akan terbuka. Proses responnya pun bisa dibilang cepat dan diklaim Vivo memiliki waktu respon hanya 0,03 detik.

Sementara itu, sensor fingerprint ini juga dapat mengenali sidik jari yang berbeda. Selain itu, fitur Facial Unlock yang disematkan dalam Vivo X21 UD juga dapat menjadi alternatif sensor fingeprint. Bisa dibilamg bodi smartphone ini kokoh ketika saya menggenggamnya dengan tangan. Paduan bodi belakang berbahan logam yang dilindungi kaca membuatnya terasa mewah.

Vivo X21 UD ini sendiri memiliki fitur dan spesifikasi yang menarik. Meskipun smartphone ini segera dijual di Singapura, namun pihak Vivo Indonesia masih melakukan survei dan pengecekan sumber daya mengenai apakah X21 UD bisa dijual atau tidak di tanah air.

Sekilas, Vivo X21 UD telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core berkecepatan 2,2 GHz, RAM 6 GB, dan storage internal 128 GB yang dapat ditambahkan microSD. Dengan kombinasi ini dapat membuat smartphone berjalan dengan lancar dan mulus.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 6,28 inci dengan resolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi Super AMOLED, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Mengikuti tren saat ini, Vivo X21 UD sendiri telah dilengkapi dengan poni atau notch pada bagian atas depannya.

Soal urusan fotografi, Vivo X21 UD juga telah dibekali dengan dua kamera utama yang memiliki kombinasi kamera primer 12 MP dengan aperture f/1.8 + kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/2.4, PDAF, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Bahkan kombinasi dua kamera utama ini dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan dan rapi. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 12 MP dengan aperture f/2.0 yang dapat memanjakan pencinta selfie.

Tinggalkan Komentar