ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Android P Beta Sudah Bisa Kamu Download, Ini Cara Updatenya

Android P Beta Header

Gadgetren – Android sebagai sistem operasi smartphone dengan pangsa pasar terbesar di dunia akan selalu mendapatkan versi terbaru setiap tahunnya.

Android P sebagai penerus Oreo akhirnya diperkenalkan oleh Google pada ajang Google I/O 2018. Versi Android yang namanya belum diberitahukan ini membawa berbagai fitur baru yang akan sedikit mengubah bagaimana kamu menggunakan smartphone dari biasanya.

Berbeda dengan Oreo yang menambahkan berbagai fitur yang memperkaya kegunaan smartphone, Android P bisa dikatakan lebih terfokus terhadap banyaknya waktu yang kamu habiskan dengan smartphone serta kemampuan Artificial Intelegent (AI) atau kecerdasan buatan untuk membantu aktivitas sehari-hari kamu.

Dengan banyaknya fitur yang ada, sistem operasi Android masih memiliki sebuah kekurangan, yakni dukungan apakah smartphone kamu akan mendapatkan update terbaru. Menyadari akan hal tersebut, Google telah menjalankan sebuah proyek bernama Treble untuk mendukung para vendor agar bisa lebih cepat mengirimkan update ke perangkat buatan mereka.

Android P kemungkinan menjadi awal dari proyek tersebut. Biasannya lini smartphone yang akan mendapatkan Android versi terbaru merupakan yang berada langsung di bawah naungan Google seperti Pixel, Nexus dan Android One. Namun kini daftar tersebut bertambah beberapa vendor mulai dari Sony hingga Vivo.

Model yang Bisa Update Android P Beta

Buat kamu yang ingin mencoba Android P Beta, berikut daftar perangkat pertama yang sudah bisa mencoba sistem operasi terbaru besutan Google.

  • Pixel 2 / Pixel 2 XL
  • Pixel / Pixel XL
  • Essential Phone
  • Sony Xperia XZ2
  • Xiaomi Mi Mix 2S
  • Nokia 7 Plus
  • Oppo R15 Pro
  • Vivo X21
  • OnePlus 6

Entah apakah Google akan menambah model lain ke dalam daftar ini ke depannya, namun jika tidak maka kamu tinggal berharap bisa kedapatan update Android P versi Final.

Cara Update Android P Beta

Sebelum melakukan update, saya mengingatkan kalau versi Beta berarti akan ada kemungkinan masalah mengganggu yang muncul sehingga terima apa adanya. Selalu lakukan backup terlebih dahulu agar data di dalamnya memiliki cadangan.

Kalau sudah yakni, caranya update ke Android P Beta cukup mudah kok. Kamu tinggal mengunjungi halaman Android Developer lalu cari model smartphone kamu. Selanjutnya tinggal klik Get The Beta pada bagian bawah yang akan mengarahkan pada halaman instruksi untuk melakukan pendaftaran. Instruksi akan berbeda-beda sesuai kebijakan vendor smartphone.

Android P Beta Compatible Devices

Jika itu semua sudah sukses dilakukan, maka kamu tinggal melakukan update sistem operasi seperti biasa melalui Setting > System Update atau dengan mengetuk notifikasi pemberitauan bahwa ada versi baru. Pilih setuju dan tunggu hingga proses update selesai.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar