Berita

Xiaomi Kembangkan Valentino dengan Snapdragon 638 & RAM 6 GB

Xiaomi Redmi Note 5A Prime Header

Nampaknya Xiaomi sedang mengembangkan banyak smartphone di tahun 2018 ini karena baru saja muncul berita bahwa vendor asal Tiongkok ini sedang mengembangkan banyak smartphone mulai dari Redmi S2, Mi MIX 3, Mi Note 4, dan Mi 7.

Setelah Xiaomi berhasil meluncurkan smartphone dengan chipset Snapdragon 636 Octa-core pertama di dunia dengan nama Redmi Note 5 Pro, kini vendor ini akan menghadirkan smartphone pertama dengan Snapdragon 638 yang memiliki codename Valentino.

Bisa dibilang chipset Qualcomm Snapdragon 638 merupakan pengembangan dari Snapdragon 636 Octa-core yang berteknologi proses 14nm sehingga hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga.

Tentu saja smartphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon 638 Octa-core ini akan memiliki efisiensi daya baterai yang lebih hemat dan perfroma yang jauh lebih bertenaga. Bahkan Geekbench pun telah mengungkapkan smartphone Xiaomi dengan codename Valentino.

Terlihat smartphone yang satu ini akan memiliki chipset dengan kode SDM638 yang menandakan Qualcomm Snapdragon 638 Octa-core berkecepatan 1,44 GHz. Untuk mengimbangi kemampan chipset tersebut, terlihat Xiaomi Valentino ini akan menggunakan RAM 6 GB dan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Dengan kombinasi ini bisa dibilang smartphone akan berjalan dengan lancar, meskipun menjalankan game atau aplikasi banyak sekalipun. Menariknya, hasil benchmark Geekbench dari smartphone ini mencapai 1.485 poin untuk pengujian single-core dan 5.440 poin untuk pengujian multi-core.

Bisa dibilng chipset Qualcomm Snapdragon 638 ini memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan Snapdragon 650 dan sedikit di bawah Sandragpon 820. Nantinya chipset ini juga akan hadir dengan GPU Adreno 509 atau lebih tinggi lagi.

Sebenarnya Qualcomm telah memperkenalkan seri Snapdragon 700 terbaru dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona Spanyol. Chipset seri ini memiliki kemampuan Artificial Intelligence yang canggih berkat Qualcomm AI Engine.

Selain itu, terjadi juga peningkatan kamera, performa perangkat, dan efisiensi energi pada chipset seri Qualcomm Snapdragon 700 ini. Namun Xiaomi masih percaya diri untuk mengembangkan smartphone dengan chipset Snapdragon 638.

Sayangnya belum diketahui bocoran mengenai harga dan waktu peluncuran dari smartphone ini. Sementara itu, kita dapat menikmati terlebih dahulu smartphone Xiaomi yang akan diluncurkan pada tanggal 10 Mei 2018, yakni Redmi S2.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment