Berita

Kenapa Paket 4G Tidak Bisa Digunakan dan Masuk ke Landing Page uSIM Replacement?

Kartu Tri 4G USIM Header

Gadgetren – Punya paket internet 4G tapi malah masuk ke halaman landing page uSIM repelacement? Apa sebabnya?

Jaringan internet 4G LTE sekarang ini sudah sangat lumrah ditemukan dan digunakan oleh pengguna layanan telekomunikasi di Indoesia. Hampir semua smartphone yang beredar pun sudah mendukung jaringan 4G LTE bahkan aneh rasanya kalau masih ada yang hanya bisa menggunakan jaringan 3G saja.

Namun beberapa pengguna pasti pernah merasakan kalau kuota 4G dari paket internet yang digunakan tidak bisa digunakan sama sekali. Tahukah kamu mungkin saja kesalahan terjadi bukanlah dari sinyal atau sejenisnya melainkan dari kartu yang kamu gunakan?

Semua operator seluler di Indonesia memang sudah menawarkan paket internet berkuota 4G LTE, namun tidak semua kartu SIM mendukung jaringan tersebut. Untuk bisa menikmati jaringan 4G, kartu SIM kamu sudah harus menggunakan uSIM.

Apa itu uSIM?

uSIM atau Universal Subscriber Identity Module adalah sebuah chip terbaru yang berisikan software untuk bisa menggunakan teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunication System) karena lebih aman berkat berbagai peningkatan dibandingkan SIM biasa.

Kartu SIM 3G yang keluar di era smartphone belum mendukung teknologi tersebut sehingga tidak bisa masuk ke dalam jaringan 4G LTE. Dikarenakan keterbatasan komponen yang ada, maka tidak ada cara atau trik untuk mengakali kartu SIM konvensional bisa menjadi uSIM.

Jadi kalau kamu menemui paket 4G dengan landing page uSIM replacement, maka sudah dipastikan kalau kartu SIM yang kamu gunakan saat ini tidak bisa menikmati kuota 4G dari paket yang sudah terdaftarkan.

Cara Ganti ke uSIM

Satu – satunya metode yang bisa kamu lakukan hanya lah mendatangi gerai operator terdekat dan meminta kartu SIM saat ini. Kamu tinggal meminta untuk menukarkan kartu kamu dengan uSIM ke gerai operator terdekat dan meminta ganti dengan yang baru.

Kamu tidak akan dipungut biaya sepeser pun dan dapat tetap menggunakan nomor telepon yang sama sehingga tidak ada salahnya untuk mengganti ke kartu uSIM. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga kartu aktif sepenuhnya dan setelah itu dapat dipakai seperti biasa. Kartu SIM lama kamu juga perlahan akan mati dan tidak bisa digunakan kembali.

Tinggalkan Komentar