Bengkel

Kenapa Saya Tidak Bisa Masuk ke MyTelkomsel?

Saya Tidak Bisa Masuk ke MyTelkomsel Header

Sejak diluncurkan, aplikasi MyTelkomsel menjadi alternatif yang cukup banyak digunakan oleh para pelanggan untuk bertransaksi dengan Telkomsel, seperti untuk mengecek atau membeli kuota.

Selain karena memiliki antarmuka yang mudah untuk digunakan, hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya promo dan potongan harga yang ditawarkan jika melakukan pembelian dari aplikasi tersebut.

Namun seperti aplikasi pada umumnya, aplikasi khusus bagi pelanggan Telkomsel ini sayangnya juga tidak terlepas dari beragam permasalahan yang tak jarang menimpanya. Salah satunya, seperti yang ditanyakan oleh seorang pembaca Gadgetren untuk diulas pada artikel bengkel kali ini!

Pertanyaan:

Bang, Kenapa Saya Tidak Bisa Masuk ke MyTelkomsel?

Jawaban:

Saya juga seorang pengguna salah satu layanan Telkomsel. Dan memang, beberapa kali aplikasi ini mengalami permasalahan, yang mana salah satunya seperti pertanyaan yang diajukan pembaca di atas.

Karena mengalami permasalahan ini, saya pun akhirnya mencari tahu dari berbagai macam sumber terpercaya, seperti layanan pelanggan dari Telkomsel itu sendiri. Hasil dari pencarian tersebut, saya memperoleh beberapa alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Penyebab pertama yang bisa membuat kita tidak bisa masuk ke aplikasi MyTelkomsel biasanya terdapat pada akun Telkomsel yang kita miliki. Bukan karena akun kita diblokir (kecuali bagi orang yang belum mendaftarkan nomornya), tetapi kita menggunakan nomor di ponsel yang berbeda.

Seperti yang kita tahu, semenjak banyak kasus penipuan menggunakan kode OTP yang dikirim oleh Telkomsel melalui SMS, kini validasi untuk masuk ke dalam layanan MyTelkomsel pun berubah menjadi otentikasi berupa sebuah tautan yang disebut dengan Magic Link.

Nah ketika tautan ajaib ini tidak dibuka melalui aplikasi MyTelkomsel, maka validasinya tidak akan berlaku. Alias, pelanggan tidak akan diizinkan masuk ke aplikasi MyTelkomsel yang terpasang di ponselnya.

Namun, bagaimana jika kita sudah menggunakan nomor dan aplikasi di ponsel yang sama tetapi tidak bisa? Salah satu penyebabnya, karena versi aplikasi sudah tidak lagi didukung oleh sistem otentikasi tersebut.

Cara paling mudah untuk mengatasinya, kamu bisa mengecek apakah aplikasi yang digunakan sudah paling mutakhir atau belum. Jika belum, coba diperbarui ke versi aplikasi yang paling baru melalui toko aplikasi.

Selain itu, penyebab lain yang dapat membuat kita tidak bisa masuk ke aplikasi MyTelkomsel adalah permasalahan jaringan. Saya pun mengalami bagian ini, di mana karena lupa memperpanjang paket akhirnya saya tidak memiliki akses ke MyTelkomsel.

Berulang kali saya mencoba masuk ke aplikasi MyTelkomsel, namun saya hanya mendapati halaman login terus menerus. Solusinya, saya mencoba masuk melalui jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitar saya.

Selanjutnya, aplikasi MyTelkomsel yang eror juga bisa menjadi penyebab kita tidak bisa masuk. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan membersihkan cache aplikasi terlebih dahulu, lalu kamu bisa memasang ulang aplikasi (hapus lalu pasang kembali) jika cara tersebut belum berhasil.

Penyebab terakhir yang saya tahu, kita bisa saja ditolak masuk ke dalam aplikasi saat sistem yang berada di balik layanan tersebut sedang bermasalah, seperti masalah yang disebabkan padamnya listrik di beberapa wilayah.

Nah untuk penyebab terakhir ini, kita hanya bisa berdoa semoga masalah tersebut segera teratasi. Namun sembari menunggu, kamu bisa sering-sering mengeceknya.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar