Aplikasi Berita

Muslim GO – Aplikasi Islam Pertama dengan Font Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia

Muslim GO Header

Hari ini Muslim GO yang merupakan aplikasi mobile panduan lengkap bagi muslim di dunia dan penyedia layanan keagamaan Islam baru saja diluncurkan di Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Indonesia.

Menariknya Muslim GO menjadi aplikasi Islam pertama yang menggunakan font (jenis huruf) Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia yang telah disertifikasi Kementerian Agama. Hal ini dilakukan agar Muslim GO bisa dikukuhkan sebagai penyedia pedoman paling akurat dan terlengkap bagi umat Islam di dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya.

Aplikasi Muslim GO ini sendiri sudah dapat dinikmati oleh pengguna smartphone bersistem operasi Android maupun iOS. Setelah Gadgeter mengunduh aplikasi ini di smartphone maka akan dihadapkan pada halaman utamanya atau Home yang menampilkan jam, waktu shalat, arah kiblat, lokasi sedang berada, informasi kutipan ayat berbeda setiap harinya, post card, video, berita, dan shortcut fitur.

Pada shortcut fitur sendiri terdiri dari Waktu Shalat, Arah Kiblat, Al-Qur’An, Bacaan Niat Shalat, Doa-Doa, 99 Asmaul Husna,Tasbih untuk berzikir, Syahadat, Kalender Hijriah, Kalkulator Zakat, Konten Islami, Dan Kartu Ucapan.

Muslim GO Yusuf Mansur

Bisa dibilang fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup lengkap untuk menunjang aktivitas ibadah sehari-hari. Selanjutnya, beralih ke menu Popular akan terdapat beragam surat dan ayat yang sering dibaca oleh penggunanya.

Sementara pada menu News akan terdapat beragam artikel dan video berita Islami maupun motivasi yang akan membuat penggunanya selalu bersemangat dalam menjalankan aktivitas maupun ibadah setiap harinya.

Salah satu bagian menarik dari aplikasi Muslim Go ini terdapat pada menu Directory yang akan menunjukkan mesjid dan restoran atau rumah makan halal terdekat dari lokasi penggunanya berada yang sudah dikembangkan sedemikian rupa menggunakan Google Maps.

Terakhir, pada menu Setting terdapat beragam pengaturan yang dapat membantu penggunanya agar aplikasi Muslim GO dapat digunakan secara maksimal. Selain dapat memberikan waktu shalat dan adzan, aplikasi Muslim GO sendiri dapat diatur agar memberikan potongan ayat Al-Qur’an maupun berita Islami pada halaman Lock Screen smartphone dengan fitur Smart Locker.

Muslim GO Kemenag Apps

Untuk memonetasi aplikasi sendiri, Muslim GO ini menggunakan iklan yang akan hadir pada halaman tertentu atau terkadang ilkan pop up ketika penggunanya sedang membuka aplikasi. Namun untuk menghilangkan iklan ini penggunanya dapat beralih dari versi gratis ke Premium.

Jarot Utomo selaku Marketing Manager Muslim GO Indonesia mengatakan bahwa aplikasi ini telah melayani lebih dari sejuta pengguna aktif dan diunduh lebih dari 2,5 juta kali di Indonesia. Selain Indonesia, aplikasi Muslim GO sendiri telah digunakan oleh banyak orang di berbagai negara, seperti Malaysia, Pakistan, China, dan India.

Nantinya Gadgeter dapat menginstal aplikasi Muslim GO dari Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk iPhone, iPad, maupun iPod Touch. Dalam kesempatan ini juga, pihak Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan Font LPMQ Misbah dan Qur’an Kemenag.

Sekilas, Font LPMQ Misbah merupakan data yang digunakan olej aplikasi untuk menampilkan teks ayat Al-Qur’an sesuai dengan Mushaf Standar Indonesia (MSI) dan dapat ditampilkan dengan berbagai ukuran.

Sementarai Qur’an Kemenag merupakan aplikasi Mushaf Al-Qur’an digital yang dibuat oleh Kementerian Agama c.q Lanjnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Bisa dibilang aplikasi ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Mushaf Al-Qur’an yang berbentuk digital.

Tinggalkan Komentar