Berita Smartphone Unik

Perangkat Samsung Gear VR 2 Hadir dan Dapat Dicoba di Indocomtech 2015

Indocomtech 2015 feature

Teknologi virtual Reality sebenarnya sudah ada sejak lama. Bahkan di tahun 1980-an, game ini sempat terkenal pada konsol yang biasa terdapat di Game Center. Namun pada waktu itu, sensasi bermain menggunakan teknologi ini belum senyata dan secanggih seperti sekarang. Kini beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Google, Samsung, HTC, dan lainnya telah mengembangkan perangkat virtual reality yang dilengkapi dengan konten di dalamnya seperti video, gambar, galeri, game, dan simulasi.

Salah satu vendor yang cukup serius mengembangkan perangkat dengan menggunakan teknologi virtual reality adalah Samsung. Vendor ini telah mengembangkan perangkat virtual reality yang bernama Samsung Gear VR. Kini perangkat tersebut telah memasuki generasi kedua yang bernama Samsung Gear VR 2. Untuk memakai perangkat ini, penggunanya cukup memasukkan smartphone yang telah ditentukan pada tempat yang telah disediakan Samsung Gear VR.

Samsung Gear VR 2

Samsung Gear VR 2

Smartphone yang didukung untuk Samsung Gear VR generasi pertama adalah Galaxy Note 4. Sedangkan Samsung Gear VR 2 mendukung smartphone Galaxy S6. Sebelum memasukkan smartphone ke dalam Samsung Gear VR, penggunanya harus menginstal terlebih dahulu video, aplikasi, maupun game khusus yang mendukung teknologi virtual reality. Untuk mendapatkan konten tersebut bisa dari Google Play Store, Youtube,Oculus Store, Oculus Cinema, VR Game, dan Oculus 360 Videos.

Menariknya, kemarin ketika saya sedang berada di Indocomtech 2015 berhasil menemuka booth yang bernama ARTX 2015. Dalam booth tersebut terdapat berbagai perangkat canggih mulai dari perangkat Internet of Things, augmented reality, Printer 3d, hingga virtual reality. Nah untuk perangkat virtual reality yang disediakan dalam booth itu adalah Samsung Gear VR 2.

Dalam Samsung Gear VR 2 tersebut telah disematkan smartphone Samsung Galaxy S6 yang telah berisikan beberapa konten mulai dari aplikasi hingga game. Nah, kebetulan saya mencoba game yang sedang dikembangkan oleh perusahaan asal Indonesia yakni Ar&Co. Ketika memainkan game tersebut menggunakan Samsung Gear VR 2, saya merasakan gerakan dan kenyamanannya lebih bagus dibandingkan dengan Google Cardboard. Mungkin hal ini disebabkan karena Samsung Gear VR 2 harganya cukup mahal dan khusus menggunakan smartphone Samsung Galaxy S6.

Nah, bagi pembaca yang penasaran ingin mencoba game dan pengalaman dengan teknologi virtual reality menggunakan Samsung Gear VR 2 ini dapat langsung datang ke booth ARTX 2015 di Hall B, JCC, Jakarta, pada ajang Indocomtech 2015 yang diselenggarakan hingga 1 Oktober 2015.

Leave a Comment