Berita

Xiaomi Cereus Siap Bawa MediaTek dan RAM 3 GB

Xiaomi Redmi Note 5A Prime Header

Pada tahun 2018 ini sepertinya Xiaomi sedang meluncurkan banyak smartphone di dunia, termasuk Indonesia.

Bisa dibilang Xiaomi telah meluncurkan smartphone menarik mulai dari Mi MIX 2S, Redmi Note 5, Redmi 5A, Redmi 5, Redmi 5 Plus, dan masih banyak lagi. Selanjutnya, dikabarkan Xiaomi sedang mengembangkan smartphone murah dengan codename Cereus yang diduga Redmi 5X.

Smartphone yang satu ini akan diotaki oleh chipset MediaTek MT6765 Octa-core berkecepatan 2 GHz. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Xiaomi juga telah menyematkan RAM 3 GB dan sistem operasi Android 8.1 Oreo ketika diuji.

Berdasarkan bocoran di internet mengatakan bahwa chipset yang satu ini menggunakan teknologi proses 12nm seperti Helio P60 sehingga efisiensi konsumsi daya baterai dan performa lebih bagus daripada chipset dengan teknologi proses 14nm, seperti Snapdragon 450.

Meskipun dalam pengujiannya, Xiaomi Cereus memiliki performa yang sedikit lebih rendah daripada Vivo V9, namun hal ini disebabkan karena menggunakan RAM 3 GB dibandingkan Vivo V9 dengan RAM 4 GB. Tentu  saja dalam persaingan ini Xiaomi akan berusaha mengembangkan smartphone dengan harga terjangkau yang mampu mengalahkan berbagai vendor lainnya.

Banyak yang mengatakan bahwa Cereus ini akan menjadi Redmi 6A, namun Redmi 5A baru 4 bulan laku diluncutkan sehingga jarak masih kurang jauh. Sementara yang lainnya mengatakan bahwa ini merupakan penerus yang tepat untuk Redmi 4X sehingga cocok untuk Redmi 5X.

Nantinya kemungkinan besar, Xiaomi akan meluncurkan smartphone Redmi 5X dengan dua varian yang terdiri dari chipset buatan MediaTek dan Snapdragon seperti beberapa tahun lalu. Kemungkinan besar smartphone ini akan diluncurkan bulan depan di Tiongkok.

Dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan chipset MediaTek, banyak pengguna di Indonesia yang sangat senang apabila Xiaomi meluncurkan Redmi terbarunya dengan chipset Qualcomm karena lebih terpercaya dalam keandalannya.

Bahkan masyarakat Indonesia menyukai Snapdragon karena lebih stabil dan GPS akurat dibandingkan dengan MediaTek yang terkadang boros dalam mengonsumsi daya baterai dan GPS terkadang membuat penggunanya tersesar ketika membawa kendaraan, bahkan memesan layanan transportasi online.

Meskipun Xiaomi berencana menggunakan chipset MediaTek terlebih dahulu pada Xiaomi Cereus atau Redmi 5X, namun kemungkinan besar akan menghadirkan juga chipset Qualcomm Snapdragon apabila hadir di pasar Indonesia karena tingkat kepercayaannya lebih tinggi.

Leave a Comment