Berita

WebAuthn Mungkinkan Login Situs Dengan Sidik Jari

WebAuthn Password Header

Gadgetren – Keamanan digital merupakan suatu hal yang harus selalu diperhatikan oleh semua orang yang menggunakan akses internet.

Di era digital sekarang ini, informasi tentang diri kamu mungkin bisa didapatkan dengan sangat mudah dan tersimpan banyak informasi penting di dalamnya. Maka dari itu untuk selalu menjaga privasi data, kamu tidak boleh sembarangan dan setengah-setengah.

Privasi juga menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan belakangan ini semenjak skandal Facebook yang datanya kebobolan. Namun sebenarnya masalah keamanan privasi sudah muncul sejak lama khususnya metode skimming, keylogger, dan phising yang sering kali dilakukan untuk mendapatkan akses dari data seseorang tanpa diketahui.

Skimming sendiri merupakan metode yang mengandalkan sebuah alat yang dapat menduplikasikan data kartu perbankan kamu sedangkan keylogger akan mencatat seluruh hal yang kamu masukan melalui alat input seperti keyboard. Phising umumnya digunakan untuk mengambil alih akun seseorang dengan membuat halaman palsu.

Nah kini sebuah standar baru bernama WebAuthn telah diperkenalkan untuk memudahkan proses login dan sudah didukung oleh browser Firefox. Browser lainnya seperti Edge dan Chrome direncanakan akan turut mengikuti melalui update selanjutnya.

Singkatnya, WebAuthn adalah sebuah standar baru yang mengandalkan metode login lebih aman seperti Biometrik (Sidik jari, Pindai Wajah .dll) dan USB Tokens. Fitur seperti ini sebenarnya sudah banyak digunakan, namun hanya saja password atau kata sandi masih menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang.

TouchId BiometrikContoh Biometrik

WebAuthn dimungkinkan untuk hadir lebih mudah pada layanan sekecil apapun baik sebagai autentikasi dua faktor maupun menggantikan kata sandi secara menyeluruh. Tentunya dengan semakin mulai banyak digunakan, standar ini akan semakin mudah untuk diimplementasikan dalam berbagai hal.

Dengan adanya WebAuthn ini, kejahatan seperti phising nantinya bisa dikatakan hampir mustahil terjadi karena tidak ada suatu rangkaian huruf atau kalimat yang digunakan. Berbeda dengan kata sandi yang terbilang sangat mudah diambil dan disimpan oleh orang lain ketika telah didapatkan melalui berbagai metode, bukan hanya phising saja.

Tentunya ini merupakan sesuatu yang sangat menggambarkan masa depan dan harus ditunggu oleh semua pengguna dunia maya. Bayangkan saja kamu bisa login ke sebuah situs dengan hanya menggunakan sidik jari, selain lebih aman kamu juga tidak perlu mengingat sandi agar tidak lupa. Kalau kamu menggunakan smartphone dengan fitur pindai jari pasti tahu seberapa nyamannya login dengan biometrik.

Leave a Comment