ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

OPPO F7 vs OPPO F5. Manakah Smartphone Selfie Terbaik?

OPPO F7 vs OPPO F5 Header

Gadgetren – Pada tanggal 17 April 2018 mendatang, OPPO secara resmi akan menghadapi hari bersejarah di Indonesia dengan meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama F7.

OPPO F7 sendiri merupakan smartphone selfie terbaru OPPO yang menggunakan resolusi besar mencapai 25 MP dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga smartphone dapat mengambil foto dengan pintar.

Selain itu, OPPO F7 juga memiliki desain layar penuh yang berbeda degan OPPO F5. Poni atau notch seperti Vivo V9 juga telah hadir pada bagian depan smartphone ini. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara OPPO F7 vs OPPO F5 maka dapat meliha informasinya sebagai beirkut ini.

OPPO F7 vs OPPO F5

Layar

OPPO F7 telah dilengkapi dengan layar penuh 6,23 inci yang beresolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 19:9. Selain itu, poni atau notch telah menghiasi bagian atasnya.

Sementara OPPO F5 telah dibekali dengan layar penuh 6 inci yang beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Tentu saja layar OPPO F7 lebih menarik dibandingkan OPPO F5.

Spesifikasi Hardware

OPPO F7 telah dibekali dengan chipset MediaTek Helio P60 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Sedangkan OPPO F5 telah dibekali dengan chipset MediaTek Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB. Tentu saja performa OPPO F7 lebih unggul.

Kamera

OPPO F7 telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.8 yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara kamera depannya beresolusi 25 MP dengan aperture f/2.0, A.I Beauty Recognition, dan sensor Sony IMX576 yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

OPPO F5 telah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 16 MP yang memiliki aperture f/1.8 ang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 20 MP dengan A.I Beauty Recognition yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan hasil yang bagus. Terlihat OPPO F7 sangat unggul dalam hal kamera depan.

Baterai

OPPO F7 menggunakan baterai dengan kapasitasi 3.400 mAh dan iPhone X mempunyai baterai berkapasitas 3.200 mAh. Dengan performanya yang sama-sama kencang, bisa dibilang OPPO F7 dapat bertahan lebih lama.

Fitur Lainnya

OPPO F7 dan OPPO F5 sama-sama dibekali dengan port microUSB 2.0, USB On-The-Go, dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, WiFi, Buetooth, Face Unlock, dan sensor fingerprint di bagian belakang. OPPO F7 telah dibekali dengan ColorOS 5.0 berbasiskan Android Oreo dan OPPO F5 telah dilengkapi dengan Color OS 3.2 berbasiskan Android Nougat.

Harga

OPPO F5 mempunyai harga Rp 4 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 32 GB dan Rp 5,2 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 64 GB. Sementara OPPO F7 di India memiliki harga yang mencapai Rp 4,6 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB dan Rp 5,8 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, OPPO F7 menang telak dibandingkan dengan OPPO F5. Namun apabila Gadgeter memiliki budget yang lebih sedikit maka dapat memilih OPPO F5 yang mempunyai harga lebih murah.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar