Tips dan Trik

Cara Transfer Pulsa Smartfren Untuk Berbagi ke Pengguna Lainnya

smartfren 4G LTE header

Gadgetren – Smartfren merupakan salah satu provider di Indonesia yang awal kemunculannya melayani jaringan CDMA di berbagai daerah.

Namun seiring berjalan waktu, jaringan CDMA pun mulai ditinggalkan oleh pengguna smartphone maupun handphone. Untuk itulah, kini Smartfren telah mengonversinya semua jaringannya ke teknologi 4G-LTE.

Bahkan Smartfren sendiri telah menggunakan teknololgi 4G LTE-Advanced atau yang biasa disebut dengan 4.5G sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengunduh data hingga kecepatan yang mencapai 300 Mbps.

Dengan kecepatan seperti ini, bisa dibilang dapat memanjakan penggunanya. Meskipun awalnya paket internet, telepon, dan SMS dari Smartfren murah, namun lama kelamaan harganya pun menjadi mahal sehingga banyak menghabiskan pulsa penggunanya.

Nah, bagi Gadgeter yang sedang kehabisa pulsa ketika dalam perjalanan atau lokasi yang susah untuk menjangkau dalam pembelian atau pembayaran pulsa maka dapat mencoba cara meminta atau transfer pulsa dari pengguna lain.

Untuk itu, Gadgeter dapat mengabari pengguna lainnya agar segera mengirimkan pulsa Smartfren. Selain itu, pengirim pulsa Smartfren hanya bisa mengirimkan nominal minimal Rp 1.000 hingga maksimal Rp 100.000 dengan kelipatan Rp 1000.

Dengan kata lain, Gadgeter tidak bisa mengirimkan pulsa dengan nominal Rp 7.700 karena pastinya akan ditolak oleh sistem. Selain itu, pengirim pulsa akan dikenakan biaya yang mencapai Rp 500 ketika melakukan transfer pulsa.

Setelah mengetahui syaratnya maka Gadgeter dapat langsung melihat tutorial untuk melakukan transfernya sebagai berikut ini.

Cara Transfer Pulsa Smartfren dengan SMS

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Messaging atau SMS.
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat mengetikkan SMS berupa KIRIM[titik]NOMOR HP TUJUAN[titik]NOMINAL.
  3. Contohnya seperti KIRIM.088834343393.20000.
  4. Apabila telah beres maka Gadgeter dapat mengirimkan SMS ke 879.
  5. Nantinya akan muncul notifikasi ke SMS yang mengatakan bahwa pulsa telah terkirim.

Menggunakan Aplikasi Uangku

Selain menggunakan SMS, Gadgeter juga menggunakan aplikasi bawaan Smartfren yang bernama Uangku. Dengan aplikasi ini Gadgeter dapat dengan mudah untuk melakukan transfer pulsa ke pengguna lain yang sedang kesusahan.

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Uangku.
  2. Pada daftar menu, Gadgeter dapat memilih Kirim Pulsa.
  3. Nantinya Gadgeter dapat mengisi kolom yang hadir di menu tersebut.
  4. Biasanya kolom ini akan berisi Nomor Tujuan dan Jumlah.
  5. Selanjutnya, Gadgeter dapat mengetikkan nomor Smartfren penerima di kolom Nomor Tujuan dan masukkan nominal Pulsa pada kolom Jumlah.
  6. Apabila Gadgeter sudah mengisi dengan benar maka langsung menekan tombol Submit.
  7. Nantinya pada saat transaksi selesai dilaukan maka pihak Smartfren akan mengirimkan notifikasi SMS yang memberitahukan bahwa pulsa telah berhasil dikirimkan penerima.
  8. Walaupun melakukan transfer menggunakan aplikasi, sayangnya pengirim tetap dibebani biaya sebesar Rp 500.

Bisa dibilang kedua cara ini bisa menyelamatkan pengguna Smartfren lain yang membutuhkan pulsa. Biasanya hal darurat ini sering terjadi apabila di tempat atau lokasi yang minim ATM, counter Smartfren, ataupun koneksi internet dengan tidak lancar.

Leave a Comment

1 Comment

  • terima kasih banyak min, sangat membantu bagi ane yang mau ganti kartu tapi pulsa di nomor lama masih banyak hehehehe