Berita

Samsung Galaxy S9 vs OPPO F5. Manakah Smartphone Layar Penuh Terbaik?

Samsung Galaxy S9 vs OPPO F5 Header

Gadgetren – Minggu lalu, Samsung baru saja meluncurkan dua smartphone terbarunya yang bernama Galaxy S9 dan Galaxy S9+ di Indonesia.

Bisa dibilang desain dari Samsung Galaxy S9 sendiri hampir sama dengan Galaxy S8, namun dengan penipisan bezel. Sementara itu, spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan pun terjadi beberapa peningkatan sehingga memang layak dibeli untuk tahun 2018 ini.

Namun sebagian orang di Indonesia masih banyak yang bertanya-tanya mengenai perbedaan antara Samsung Galaxy S9 vs OPPO F5. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat informasi perbandingannya sebagai berikut ini.

Samsung Galaxy S9 vs OPPO F5

Layar

Samsung Galaxy S9 telah dilengkapi dengan layar penuh 5,8 inci yang beresolusi Quad HD+ (2.960 x 1.440 piksel), berteknologi Super AMOLED, Infinity Display, melengkung di berbagai sisi, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18,5:9 yang memenuhi bagian depannya.

Sementara OPPO F5 telah dibekali dengan layar penuh 6 inci yang beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Tentu saja layar Samsung Galaxy S9 memiliki desain yang lebih bagus.

Spesifikasi Hardware

Samsung Galaxy S9 telah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 845 Octa-core atau Exynos 9810 Octa-core, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sedangkan OPPO F5 telah dibekali dengan chipset MediaTek Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB. Tentu saja performa Galaxy S9 lebih unggul.

Kamera

Samsung Galaxy S9 telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 12 MP yang memiliki aperture f/1.5 dan f/2.4 sehingga dapat menghasilkan foto dengan bagus, dimana penggunanya dapat menggunakan aperture f/1.5 dalam kondisi minim cahaya atau aperture f/2.4 dalam kondisi cahaya yang melimpah atau cukup. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus.

OPPO F5 telah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 16 MP yang memiliki aperture f/1.8 ang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 20 MP dengan A.I Beauty Recognition yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan hasil yang bagus.

Baterai

Samsung Galaxy S9 memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh dan iPhone X mempunyai baterai berkapasitas 3.200 mAh. Dengan performanya yang sama-sama kencang, bisa dibilang OPPO F5 dapat bertahan lebih lama.

Fitur Lainnya

Samsung Galaxy S9 dibekali dengan port USB Type-C, Iris scanner, wireless charging, fast charging, sensor fingerprint, NFC, face unlock, Bixby, FM Radio, ARemoji, dan sistem operasi Android Nougat yang dapat ditingkatkan menjadi Android Oreo. Sementara OPPO F5 telah didukung face unlock, sensor finegerprint, dan Color OS 3.2 berbasiskan sistem operasi Android 7.1 Nougat.

Harga

OPPO F5 mempunyai harga Rp 4 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 32 GB dan Rp 5,2 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 64 GB. Sementara Samsung Galaxy S9 mempunyai harga yang mencapai Rp 11,5 juta di Indonesia.

Kesimpulan

Jika dilihat dari layar, spesifikasi hardware, performa, kamera utama, fitur, desain, dan fungsi maka Samsung Galaxy S9 bisa menjadi juaranya. Namun apabila dilihat dari kamera depan, daya tahan baterai, dan harga maka OPPO F5 bisa menjadi pilihan.

Leave a Comment