ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Apa Sih Nomor ICCID? Bagaimana Cara Menemukannya!

Apa Itu Nomor Seri ICCID Header

Gadgetren – Beberapa operator memberlakukan registrasi kartunya dengan melampirkan nomor ICCID dari kartu SIM yang digunakan.

Kebijakan mendaftarkan ulang kartu SIM sebenarnya bukan hal yang baru. Namun untuk saat ini, pengguna harus mendaftar kartu SIM dengan nomor KTP atau NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor Kartu Keluarga.

Selain kedua nomor tersebut, beberapa opera, seperti Tri, juga meminta nomor ICCID untuk dapat melakukan hal tersebut. Lalu, apakah sebenarnya nomor ICCID? Dan bagaimana cara mengetahuinya?

Apa Itu Nomor ICCID?

ICCID merupakan akronim dari Integrated Circuit Card Identifier yang biasanya berupa serangkaian kumpulan karakter berjumlah 19 digit. Kumpulan karakter ini merupakan nomor seri registrasi dari kartu SIM yang ditanamkan sejak proses personalisasi.

Nomor ICCID menunjukkan berbagai macam hal terkait identitas dari kartu SIM, dari mulai identitas pembuatan, kode negara, identitas penerbit, nomor akun SIM, dan beberapa hal lain yang diatur sesuai dengan standar ITU-T E.118.

Cara Mengetahui Nomor ICCID

Cara Menemukan Nomor Seri ICCID

Untuk mengetahui nomor ICCID sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Karena berlaku seperti nomer serial, Nomor ICCID biasanya dicetak di belakang kartu SIM. Oleh karena itu untuk mengetahui nomor seri registrasi kartu tersebut, pengguna hanya perlu melepaskan kartu SIM dari perangkat seluler.

Namun sayangnya, kadang kala cetakan nomor seri identitas kartu SIM ini bisa hilang,seiring dengan lamanya penggunaannya. Sering tergesek karena bongkar pasang kartu bisa menjadi penyebab utamanya.

Lalu bagaimana jika nomor seri ICCID sudah tidak terlihat lagi?

Melihat hal ini, beberapa pengembang aplikasi pun membangun aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat nomor ICCID dari kartu SIM. Saat ini, telah tersedia cukup banyak di toko aplikasi.

Bagi pengguna perangkat Android, menginstal aplikasi ICCID melalui Google Play Store. Setelah terinstal, pengguna hanya perlu membuka aplikasi dan mengizinkan beberapa akses aplikasi ke perangkat untuk melihat nomor seri ICCID kartu SIM miliknya.

Perlu diingat, nomor seri ICCID yang ditampilkan dalam aplikasi merupakan nomor seri dari kartu SIM yang terpasang di perangkat. Dan nomor seri yang akan ditampilkan akan digenapi dengan identitas lengkap hingga 19 karakter meskipun yang dicetak di belakang kartu SIM kurang dari itu.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar