Tips dan Trik

Tidak Bisa Membuat Panggilan di Perangkat Xiaomi? Coba Nonaktifkan FDN Terlebih Dulu!

cara menonaktifkan fdn pada xiaomi Header

Gadgetren – Saat ini, siapa yang tidak mengenal Xiaomi? Beberapa model perangkat buatannya bahkan mampu menjadi perangkat idaman.

Xiaomi merupakan salah satu manufaktur ponsel asal Tiongkok, yang sebenarnya dulu hanya bergerak di bidang pengembangan software. Namun, ekspansinya ke industri perangkat keras ternyata membuahkan hasil, karena mampu mendominasi pasar dengan perangkat murah berspesifikasi di atas rata-rata.

Meskipun demikian popular, tidak menutup munculnya beberapa permasalahan di perangkat tersebut. Salah satu permasalahan yang cukup sering terjadi adalah tidak dapat melakukan panggilan telepon karena panggilan yang telah dibatasi.

Meskipun hal ini terjadi karena kartu SIM yang digunakan, pengguna dapat menonaktifkan panggilan yang dibatasi melalui menu FDN pada perangkat Xiaomi.

Apa Itu FDN?

FDN merupakan akronim dari Fixed Dialing Number, yaitu sebuah mode layanan dari SIM card telepon GSM. Saat mode ini aktif, layanan seluler akan membatasi panggilan keluar hanya kepada nomor terdaftar atau nomor dengan awalan tertentu.

Biasanya mode layanan ini digunakan untuk tujuan tertentu. Salah satu contoh penggunaan mode layanan ini adalah  orang tua dapat membatasi nomor telepon yang bisa dipanggil oleh anak-anaknya, seperti kerabat atau sahabat.

Bagaimana Cara Menonaktifkan FDN Pada Perangkat Xiaomi?

  1. Buka Settings yang terdapat di perangkat Xiaomi
  2. Kemudian masuk ke Call Settings pada bagian Systems Apps
  3. Pilih opsi Advanced Settings
  4. Lalu cari opsi Fixed Dialing Number, dan pilih SIM yang panggilannya dibatasi
  5. Dalam menu pengaturan tersebut, pengguna dapat menonaktifkan pengaturan FDN

Di beberapa perangkat seluler, FDN bisa menjadi sebuah masalah yang cukup mengganggu bagi pengguna kartu SIM baru. Secara default, kadang-kadang kartu SIM telah mengaktifkan mode tersebut.

Hal ini juga berlaku di perangkat Xiaomi. Salah satu cara menonaktifkan FDN pada perangkat Xiaomi, dapat dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda, terkait masalah peletakan menu. Secara umum, pengguna dapat mengakses menu FDN di Xiaomi dengan cara di atas.

Pada beberapa perangkat, bahkan hal ini dapat diatasi dengan mengubah jaringan ke mode LTE/GSM auto PRL dengan mengetik kode *#*#4636#*#* melalui dialpad. Namun, beberapa pengguna kadang masih harus mendaftarkan kartu SIM melalui SMS ke 4444.

Tinggalkan Komentar