Tips dan Trik

Apa Itu Bug Karakter Telagu yang Terjadi di Perangkat Apple?

Bug Telagu Karakter iOS[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Semakin dikembangkan, semakin banyak bug bermunculan di sistem operasi buatan Apple, baik itu iOS, MacOS, watchOS, atau tvOS.

Beberapa hari belakangan ini, terdapat sebuah bug baru yang menghantui para pengguna perangkat Apple yang dapat menyebabkan perangkatnya mengalami crash ataupun eror.

Bahkan, menariknya, bug ini bisa muncul hanya karena hal sederhana, bukan karena aktivitas berat, seperti jailbreak maupun aktivitas berat lainnya. Crash tersebut dapat terjadi hanya lantaran aktivitas membaca pesan teks, baik melalui iMessage maupun aplikasi chatting lainnya.

Namun pengguna tak perlu khawatir, sebagai perusahaan yang memiliki banyak pengguna, Apple tak hanya tinggal diam. Apple telah mengerjakan perbaikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Apa Itu Bug?

Secara harfiah, Bug bisa diartikan sebagai kekutu. Namun secara etimologi, Bug merupakan kata dari bahasa Inggris pertengahan, dengan asal kata Bugge yang memiliki arti monster.

Di ilmu komputer, Bug memiliki arti sebuah cacat desain pada perangkat keras maupun lunak, yang dapat mengakibatkan galat, sehingga perangkat tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Meskipun demikian, bug biasanya lebih banyak ditemukan pada desain perangkat lunak, dibandingkan dengan desain perangkat keras.

Apa Itu Bug Karakter Telugu?

Bug Telugu Karakter iOS di iMessage[Sumber: Flickr]

Seperti pengertian bug pada umumnya, Bug Karakter Telugu merupakan cacat desain pada perangkat lunak sistem operasi buatan Apple yang dapat mengakibatkan perangkat-perangkat yang menjalankannya mengalami crash atau eror.

Cacat ini terjadi pada penggunaan karakter dari bahasa Telugu, yaitu salah satu bahasa yang cukup popular digunakan di India, selain bahasa Hindi, Bengali, dan Punjabi.

Beberapa layanan yang digunakan dengan menggunakan karakter dari bahasa Telugu dapat mengakibatkan iPhone, iPad, iPod Touch, dan Mac mengalami eror, bahkan tidak dapat merespon perintah pengguna.

Tidak hanya terjadi di aplikasi perpesanan, seperti iMessage atau aplikasi chatting lainnya, beberapa melaporkan bug ini juga terjadi pada aplikasi peramban Safari dan aplikasi lain yang memanfaatkan mode input teks.

Namun, permasalah ini hanya akan muncul saat pengguna membuka pesan berisi karakter dari bahasa Telugu tersebut. Sehingga pengguna dapat memperbaiki permasalahan tersebut dengan menghapus pesan berisi karakter Telugu tersebut agar sistem dapat berjalan seperti semula.

Tinggalkan Komentar