Tips dan Trik

Tak Perlu Komputer, Kamu Bisa Ekstrak ZIP dengan Cara Ini!

cara extract file zip di android Header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Beberapa dengan beberapa tahun yang lalu, mengekstrak file zip di perangkat Android bukan perkara sulit untuk saat ini.

ZIP merupakan standar pemampatan atau kompresi data yang sangat populer di kalangan pengguna komputer dan perangkat seluler. Standar kompresi data ini akan mengizinkan pengguna untuk mengecilkan ukuran data untuk membuat penyimpanan menjadi lebih efisien.

Standard kompresi data ZIP dikenalkan pertama kalinya oleh Phil Katz. Namun saat ini, telah banyak tools yang mendukung pemampatan dan pengekstrakan yang menggunakan standar pemampatan ini.

Bagi pengguna komputer, format ZIP bukan lagi menjadi sebuah permasalah. Namun, bagaimana dengan pengguna perangkat seluler berbasis sistem Android yang mulai banyak bertebaran?

Cara Mengekstrak File Bertipe Zip di Android

  1. Download dan install aplikasi Es File Explorer melalui Google Play Store
  2. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi File Manager tersebut
  3. Kemudian cari file berekstensi .zip yang ingin diekstrak
  4. Jika sudah ketemu, tekan dan tahan pada file berekstensi .zip tersebut untuk memunculkan menu pengelolaan file
  5. Saat menu pengelolaan file sudah muncul, pilih opsi More pada bagian pojok kanan bawah aplikasi
  6. Kemudian pilih opsi Extract to dan klik OK untuk menyimpan hasil pengekstrakan di lokasi yang sama

Cara Mengekstrak File ZIP di Android dengan ES File Manager

Mengekstrak file berekstensi .zip merupakan hal sangat mudah untuk saat ini, karena beberapa file manager bawaan perangkat Android sudah mendukung fitur tersebut. Bahkan biasanya pengguna sudah dapat membuka file tanpa harus mengekstraknya terlebih dahulu.

Namun, bagi pengguna yang file manager bawaan perangkat Android miliknya belum mendukung hal tersebut, pengguna dapat mengikuti pengekstrakan file bertipe zip dengan menggunakan file manager pihak ketiga.

File manager pihak ketiga yang cukup layak untuk digunakan mengelola file di perangkat Android, salah satunya adalah Es File Explorer. Aplikasi file management ini memiliki fitur yang cukup komplit, termasuk di dalamnya fitur yang mendukung pengekstrakan file berekstensi .zip.

Pengguna yang ingin menggunakan file manager ini untuk mengekstrak file berekstensi zip dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijabarkan di atas.

Tinggalkan Komentar