Aplikasi Berita

Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Orang Tua Awasi Anak Main Medsos

Family-Center-and-Parental-Supervision-Tools-IG.

Gadgetren – Setelah menghadirkan fitur Live Moderator, Instagram kembali membawa fitur baru yang kini menyasar orang tua agar bisa memantau aktivitas anak-anaknya berselancar di aplikasi anak perusahaan Meta itu.

Fitur baru ini bernama Family Center yang diperkenalkan secara langsung oleh Adam Mosseri selaku CEO Instagram melalui cuitan di akun Twitter milik pribadinya.

Adam menyampaikan bahwa dengan Family Center, orang tua bisa memiliki akses untuk mengatur waktu penggunaan Instagram dan seputar informasi apa saja yang perlu dan tidak perlu diterima anaknya ketika bermain Instagram.

“Tidak hanya itu, fitur ini terlebih lagi bertujuan agar anak  bisa aman bermain Instagram dan melakukan aktivitas online di sana dalam jangka panjang,” ujarnya melalui video yang diunggah dalam akun Twitter miliknya. Melalui situs blog Meta, Adam menjelaskan bahwa Family Center menawarkan alat yang disebut sebagai Parental Supervision atau pengawasan orang tua.

Selain bisa memberikan ruang bagi orang tua untuk melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan anak mereka di Instagram dan bisa menetapkan batas waktu, mereka pun akan diberitahu ketika anak mereka telah melaporkan seseorang di aplikasi.

Kemudian, orang tua bisa melihat dan menerima pembaruan tentang akun apa yang diikuti (follow) anak mereka dan akun yang mengikuti (followed by) anak mereka. Namun perlu diingat, fitur ini hanya bisa digunakan ketika anak sudah menyetujui pengawasan orang tua atau Parental Supervision jika orang tua mereka memintanya.

 Family-Center-IG

Lebih jauh, menurut Adam fitur ini sudah tersedia di negara Amerika Serikat mulai tanggal 16 Maret 2022. Sementara untuk negara-negara lainnya termasuk Indonesia rencananya akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur pengawasan ini, orang tua bisa melihat video teaser yang menunjukkan langkah-langkah penggunaan di tautan ini. Untuk saat ini, fitur pengawasan masih tersedia untuk perangkat handphone dan tablet melalui aplikasi, sedangkan untuk di desktop dan perangkat laptop maupun PC akan digulirkan pada bulan Juni 2022.

Selama beberapa bulan ke depan, Adam juga mengatakan bahwa pihaknya akan menambahkan fitur tambahan lainnya di pengawasan orang tua seperti mengizinkan orang tua mengatur jam di mana anak remaja mereka dapat menggunakan Instagram dan kemampuan lebih dari satu orang tua untuk mengawasi akun seorang anak.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar