Tips dan Trik

Hasil Foto Burem? Bersihin Saja Dulu Lensanya!

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Fotografi merupakan sebuah fitur yang hampir ada pada semua perangkat ponsel di era ini, bahkan beberapa ponsel membawanya sebagai keunggulan.

Fotografi secara harfiah dapat diartikan sebagai proses melukis atau menulis dengan media cahaya. Secara teknis, fotografi adalah teknik menangkap bayangan yang dihasilkan dari pantulan cahaya terhadap obyek untuk memperoleh sebuah gambar dari obyek tersebut. Proses tersebut sebenarnya meniru apa yang terjadi di prinsip penglihatan mata manusia.

Dalam fitur ini, lensa menjadi segalanya, karena jenis dan tipe lensa sangat mempengaruhi kualitas pengambilan gambar obyek. Semakin bagus, maka kualitas gambar akan mendekati bentuk nyata dari obyek yang diambil.

Selain itu, kebersihan lensa juga menjadi sangat penting. Apabila lensa yang digunakan kotor, maka hasil yang diperoleh pun tidak akan maksimal meski tipe lensa yang digunakan sangat bagus.

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP dengan Mudah

Membersihkan lensa kamera ponsel dapat membuat hasil foto terlihat semakin jernih. Namun sayangnya, belum banyak pengguna yang tahu bahwa membersihkan lensa kamera tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Bagi sebagian orang, terutama pengguna perangkat seluler yang masih awam, membersihkan lensa kamera ponsel dapat dilakukan hanya dengan alat atau bahkan cairan khusus. Dan tak jarang banyak yang beranggapan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya, untuk membersihkan lensa kamera di ponsel, dapat dilakukan dengan bahan dan alat yang cukup murah dan mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut ini langkah-langkah cara membersihkan lensa kamera handphone dengan mudah dan sangat murah:

  1. Siapkan pasta gigi, cotton bud, lap microfiber, dan sedikit air
  2. Oleskan sedikit pasta gigi di lensa kamera, ingat sedikit saja jangan sampai meluber kemana-mana
  3. Ratakan pasta gigi pada lensa dengan menggunakan cotton bud dengan cara memutar-mutarnya secara searah
  4. Diamkan beberapa saat untuk memberikan hasil yang cukup maksimal
  5. Lalu bersihkan pasta gigi dengan menggunakan kain microfiber yang sedikit basah sampai benar-benar bersih

Pengguna tidak perlu khawatir lensa dari perangkat ponselnya akan rusak, karena sebenarnya kamera ponsel biasanya dilindungi dengan lapisan pelindung, seperti oleophobic coating, di bagian luarnya.

Selain dapat membersihkan kotoran, cara ini diklaim bisa menghilangkan goresan pada lapisan pelindung di bagian terluar lensa kamera ponsel.

Tinggalkan Komentar