Tips dan Trik

Keren! Begini Cara Membuat Story Dengan Gambar GIF di Instagram!

Cara Membuat GIF di Instagram Story Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Ada fitur baru di Instagram, dimana pengguna kini dapat menambahkan gambar gerak atau GIF di Instagram Story.

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang selalu menghadirkan sesuatu yang baru dalam aplikasinya. Di bawah tangan Facebook Inc, platform media sosial tersebut selalu ditingkatkan dengan fitur dan juga perbaikan bug yang terbaik.

Salah satu fitur yang cukup baru adalah stiker berformat GIF yang dapat ditempel di Instagram Story. Namun pengguna harus bersabar, Fitur ini masih dalam tahap implementasi, sehingga tidak semua orang dapat menikmatinya.

GIF merupakan singkatan dari Graphics Interchange Format. Format gambar ini merupakan format yang sering digunakan di dalam website, karena mampu menyimpan gambar dengan background transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.

Dengan menggunakan stiker dengan format GIF, maka pengguna Instagram tentu dapat mempercantik unggahan cerita yang akan dibagikan. Lalu, bagaimana cara membuat gambar dengan stiker GIF di Instagram Story?

Memunculkan Fitur GIF di Instagram Story

Tidak ada persyaratan apapun untuk cara membuat GIF Instagram Story, selain pengguna harus memperbarui aplikasi Instagram miliknya ke versi yang paling baru.

Dengan memperbarui aplikasi ke versi teranyar, pengguna dapat menikmati fitur-fitur baru dari Instagram dan juga perbaikan dari beberapa bug yang muncul di versi sebelumnya. Perihal keamanan pun tentunya akan lebih meningkatkan dari versi sebelumnya.

Baca Juga: Cara melihat last seen dari akun lain di Instagram

Untuk memperbarui aplikasi Instagram, pengguna dapat membuka laman Instagram di Google Play Store. Pengguna dapat membuka Google Play Store, kemudian mengetikan Instagram di kolom pencarian. Setelah itu, pilih Instagram, dan klik UPDATE. Jika tidak muncul opsi UPDATE, maka seharusnya Instagram yang terpasang merupakan aplikasi dengan varian yang paling baru.

Nah, jika sudah menggunakan aplikasi paling baru, pengguna kini dapat membuat GIF di Instagram Story. Untuk membuatnya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah cara membuat GIF di Instagram berikut ini:

Cara Membuat Gambar GIF di Instagram Story

  1. Buka aplikasi Instagram yang terpasang di perangkat
  2. Swipe ke kanan, atau klik tombol ikon kamera pada pojok kanan atas
  3. Ambil video atau foto dengan menekan tombol capture, ketukan tunggal akan menghasilkan foto, sedangkan menahan tombol akan merekam video
  4. Setelah selesai, pengguna akan dilempar di menu editor, yang mana pengguna dapat menemukan opsi sticker di bagian atas, pilih opsi tersebut
  5. Pilih tombol bertuliskan animasi GIF
  6. Ketikan sebuah kata kunci untuk mencari GIF
  7. Setelah itu pilih GIF yang ingin digunakan
  8. Letakkan pada posisi yang diinginkan dengan menyeretnya, pengguna juga dapat mengatur besar kecilnya
  9. Setelah selesai, pengguna dapat memilih Your Story untuk mengunggah Story

Cara Membuat Story Dengan GIF di Instagram

Baca Juga: Agar lebih keren lagi, ganti aja font dan bio kamu di Instagram

Pengguna dapat bereksplorasi dengan menggunakan kata kunci pencarian lain, seperti accessories, effects, peekers, word art, dan lain sebagainya. Saat salah memilih stiker atau ingin mengganti, pengguna juga dapat menghapus sticker GIF dengan menyeret stiker ke ikon tong sampah di bagian bawah.

Tinggalkan Komentar