ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengirim GIF dan Gambar di Komentar Instagram

Cara Mengirim GIF dan Gambar di Komentar Instagram Header

Gadgetren – Instagram tengah menguji coba fitur terbaru yang memungkinkan pengguna bisa mengirim GIF atau gambar pada kolom komentar suatu post di Feed.

Seperti dilansir dari Android Police, fitur tersebut pun tampaknya hanya bisa digunakan untuk beberapa pengguna saja khususnya yang menggunakan perangkat iOS.

Sebelumnya di kolom komentar, kita hanya bisa mengirim komentar dalam bentuk teks dan emoji saja. Jadi hadirnya fitur komentar GIF dan gambar pada perangkat iOS akan menambah interaksi penggunanya semakin beragam.

Namun begitu pihak Instagram sendiri belum memberikan penjelasan lebih jauh terkait kapan fitur komentar dengan GIF bisa dinikmati oleh seluruh penggunanya baik dengan perangkat Android maupun iOS di seluruh dunia. Pihak Instagram juga belum memberikan keterangan resmi kehadiran fitur tersebut untuk perangkat iOS diberikan secara bertahap atau masih menunggu masukkan timbal balik pengguna tertentu.

Jadi tidak heran banyak pengguna yang turut penasaran seperti apa fitur komentar dengan GIF dan bagaimana cara menggunakannya. Tentu sebelum itu semua, pengguna pun diharuskan melakukan update Instagram terlebih dulu agar mendapatkan versi terbaru secara lengkap.

Menurut Android Police melalui sumber Reddit, fitur mengirim GIF dan gambar di komentar Instagram bisa digunakan dengan mengetuk tombol ikon GIF yang muncul di kolom komentar bersama dengan ikon emoji, clipboard, mikrofon, setelan, dan menu lainnya.

Cara Mengirim GIF di Komentar Instagram

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Ketuk salah satu post Instagram.
  • Ketuk ikon komentar di post tersebut.
  • Pilih ikon GIF.
  • GIF dari perpustakaan GIPHY akan muncul.
  • Cari GIF yang sesuai untuk menanggapi post Feed.
  • Ketuk GIF yang dipilih.
  • Ketuk tombol Post untuk mengirim GIF.

Hadirnya fitur GIF pada aplikasi Instagram akan mirip seperti Facebook yang juga menyertakan fitur GIF di kolom komentar. Fitur GIF di Instagram sebelumnya hanya bisa digunakan ketika kita mengirim pesan atau Direct Message kepada teman kita atau pengguna lain.

Kemudian juga fitur GIF di Instagram bisa digunakan saat membuat Instagram Story pada status teks, foto, dan video. Fitur lainnya yang masih dinikmati oleh sebagian pengguna seperti di AS, Inggris, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru meliputi tombol tidak tertarik dan mode diam.

Kedua fitur ini dirilis awal Januari 2023 dan kabarnya akan diperluas ke wilayah lainnya. Jika mode diam diaktifkan, maka pengguna tidak bisa menerima notifikasi dari siapapun. Sementara bila tombol tidak tertarik diketuk akan membantu pengguna mengelola rekomendasi tayangan di Feed sehingga ke depannya post serupa tidak muncul lagi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar