ASUS TUF Gaming FA506
Tips dan Trik

Flashdisk Write Protected Bukan Masalah, Atasi Dengan Cara Ini!

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Header

Gadgetren – Flashdisk Write Protected bukan suatu masalah yang besar. Namun, masalah tersebut sangat menjengkelkan dan cukup menyita waktu untuk mengatasinya.

Write Protected merupakan sebuah kondisi dimana flashdisk yang kita miliki terkunci, sehingga pengguna tidak dapat memformat, menambah data, atau bahkan menghapus data.

Write Protected dapat terjadi karena banyak hal, termasuk di antaranya adalah asal cabut flashdisk dari komputer, virus, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, pengguna dapat melakukan beberapa hal,seperti dengan menggunakan Command Prompt, Regedit, atau bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara yang paling sederhana disarankan untuk mengatasi permasalahan flashdisk write protected adalah dengan menggunakan perintah dalam Command Prompt. Cara ini termasuk cara yang cukup mudah, karena setiap komputer bersistem operasi Windows pasti memilikinya secara default.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan CMD

Untuk melakukannya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan CMD

  1. Hubungkan flashdisk dengan komputer.
  2. Buka Command Prompt sebagai Administrator.
  3. Ketik perintah diskpart.
  4. Kemudian perintah list disk, dan select disk saya, ganti saya dengan nomor untuk flashdisk.
  5. Ketik attributes disk clear readonly, setelah selesai ketik perintah clean.
  6. Ketik list volume dan select volume yang tertulis unusable
  7. Lalu ketikan format fs=fat32 atau format fs=ntfs sesuai format disk yang diinginkan.
  8. Setelah itu ketik exit.

Yang perlu diingat, setiap mengetikan perintah dalam Command Prompt, pengguna juga harus menekan tombol Enter untuk mengaktifkan perintah tersebut.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Registry Editor

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Regedit

Jika dengan menggunakan Command Prompt belum berhasil, pengguna dapat mengatasi flashdisk write protected dengan Registry Editor (Regedit). Untuk menggunakan Regedit dalam memecahkan masalah flashdisk write protected, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Regedit dengan menekan tombol Windows + R dan ketikan Regedit diikuti tombol Enter
  2. Masuk ke bagian  HKEY_LOCAL_MACHINE kemudian SYSTEM lalu CurrentControlSet cari Control dan masuk ke StorageDevicePolicies
  3. Cari opsi WriteProtect, klik kanan di opsi tersebut dan pilih Modify
  4. Lalu ubah value data ke angka 0, dan klik OK
  5. Jika sudah, cabut flashdisk, restart komputer, dan tancapkan flashdisk kembali untuk memformatnya

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Aplikasi

Jika kedua cara di atas gagal, maka alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini, salah satunya adalah Fat32 Format Tool GUI.

Untuk menggunakannya, masing-masing aplikasi tentu saja memiliki cara yang berbeda-beda. Pengguna dapat mengikuti dokumentasi yang ada di website resmi aplikasi atau mencarinya melalui mesin pencari.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

21 Komentar

  • terimakasih kakak abang semuanya,, aku pakek cara dengan CMD , dan ditambah lagi sama komen nya bg yoga stepnya,, ini sangat membantu

  • munculnya perintah “DiskPart has encountered an error: The request could not be performed because of an I/O device error. See the System Event Log for more information.”

    ???

  • aku udah melakukan itu semua tapi tetep aja gak bisa diubah write protectednya, flashdisk masih kedetek di komputer dan file/folder masih ada lengkap tapi gak bisa dihapus atapun ditambahkan

  • halo kak mau tanya, sy sudah ikuti langkah tapi pas nyari di Control saya ga nemu “StorageDevicePolicies”. itu gimana ya ka? mohon bantuannya kak. terimakasih

  • Bro Itu Ada Yang Kurang Mohon Perbaiki.
    Setelah Clean Ketik list volume dan lihat mana yg statusnya unusable
    lalu ketik select volume “yg unusable”
    ex. select volume 4 dan ketik assign
    next, list partition dan kalau masih kosong ketik create partition primary lalu select partition 1
    next baru format fs=ntfs atau format fs=fat32
    tunggu prosesnya dan klw sudah siap ketik exit
    *ingat setiap gw sruh ketik itu artinya setelah elu ketik commandnya baru tekan enter
    Salam Dari Saya Yoga

  • maaf, saya kan bertujuan ke blog ini untuk menghilangkan tulisan “the disk write is protected” tapi setelah mengikuti tutorial menggunakan CMD malah terformat, bahkan di properties tidak ada tulisan berapa size disk nya.kok malah begini sih?

    • Sudah coba yang pakai Format Tool GUI?
      Kalau masih sama, kemungkinan besar write protected sebelumnya terjadi memang karena flashdrive sudah corrupt

  • Bos… sebelum ngetik di blog ini, udah dicoba belum, ada beberapa perintah yang salah diatas… inilah kalo nulis blog cuma copy paste, jadi fungsinya cuma buat menuhin blog aja… jadi belum dicoba sebelumnya… ckckck

  • Gan,
    Mohon bantuannya, saya mengikuti langkah CMD untuk menghapus data flashdisk tetapi saat memilih disk saya memilih salah ( terpilih disk :DATA ), DATA saya hilang semua, masih bisa mengembalikan ga??