Tips dan Trik

Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android Dengan Cara Ini!

Cara Menghilangkan Notifikasi di Android Featured[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Salah satu hal yang cukup bermanfaat bagi pengguna Android adalah fitur notifikasi yang dimiliki oleh beberapa aplikasi di perangkat yang digunakan.

Notifikasi merupakan pesan atau informasi yang akan ditampilkan kepada pengguna di luar tampilan normal UI aplikasi. Notifikasi dapat muncul meskipun aplikasi tidak kita jalankan di layar utama dalam wujud ikon di bagian bar notifikasi.

Dengan adanya fitur notifikasi ini, pengguna dapat memperoleh informasi, pesan, dan konten-konten tertentu berkaitan dengan layanan yang dimiliki oleh aplikasi dengan lebih up-to-date. Biasanya, notifikasi dapat bekerja secara real time tergantung pada konektivitas internet, pengaturan notifikasi, dan juga hal lainnya.

Notifikasi banyak digunakan pada aplikasi Chat, E-mail, pesan, game, dan juga aplikasi lain yang membutuhkan penyampaian informasi di luar layar utama aplikasi. Notifikasi dari sebuah aplikasi sering disertai dengan adanya suara atau bahkan getar agar pengguna menyadari kemunculannya.

Notifikasi dapat menjadi hal yang cukup bermanfaat, namun karena disertai dengan suara atau getar sebagian orang sering merasa terganggu, terutama notifikasi dari aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan. Sehingga, pengguna harus menonaktifkannya.

Baca Juga: Dapat pesan internal android penuh? Ini cara mengatasinya

Cara Menghilangkan Notifikasi Aplikasi di Android

Untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang tidak dibutuhkan, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Karena di perangkat Android, pengguna dapat mengelola notifikasi melalui pengaturan perangkat.

Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan notifikasi dari aplikasi Android:

  1. Pengguna dapat menemukan pengaturan pengelolaan notifikasi melalui menu Settings di perangkat Android yang dimilikinya
  2. Setelah masuk ke pengaturan ponsel dengan memilih Settings, pengguna dapat mencari opsi Apps atau Apps Manager pada ponsel dengan sistem operasi lawas, lalu masuk ke opsi pengaturan tersebut
  3. Jika sudah muncul daftar aplikasi di pengaturan aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang notifikasinya ingin dimatikan
  4. Setelah itu, hilangkan centang pada opsi Show notifications jika ingin mematikan notifikasinya, atau masuk ke Notifications dan pilih opsi Block all bagi pengguna ponsel bersistem operasi Android baru

Cara Menghilangkan NotifikasiBaca Juga: Wah ternyata foto yang sudah terhapus bisa dikembalikan dengan cara ini

Sebenarnya, pengguna dengan sistem operasi baru dapat menemukan pengaturan pengelolaan notifikasi melalui menu Settings, kemudian pilih opsi Notifications, kemudian memilih aplikasi yang ingin notifikasinya dimatikan. Pengguna juga dapat menggunakan fitur Do not disturb untuk membuat notifikasi tidak bersuara dan bergetar.

Tinggalkan Komentar