Gadget Smartphone

iOS 11.2.2 Sudah Dirilis, Apa Kelebihannya?

Kelebihan iOS 11.2.2 Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Apple telah merilis pembaruan untuk sistem operasi iOS 11 dengan versi 11.2.2 untuk lebih melindungi penggunanya.

Beberapa waktu belakangan ini, celah keamanan yang disebut dengan Meltdown dan Spectre menjadi isu yang cukup menggemparkan di kalangan industri teknologi informasi.

Bagaimana tidak? Prosesor dengan arsitektur modern yang dikembangkan oleh hampir semua manufaktur, termasuk Intel, AMD, dan juga Qualcomm, dikabarkan memiliki celah keamanan yang dapat dimanfaatkan pengguna mengakses data di perangkat yang dikembangkan selama 20 terakhir ini.

Tidak hanya komputer, celah ini juga diklaim muncul di hampir semua perangkat yang menjalankan sistem operasi, termasuk di dalamnya adalah perangkat yang menjalankan sistem iOS buatan Apple.

Meskipun celah keamanan tersebut berasal dari arsitektur prosesor yang digunakan, penanggulangan dan mitigasi dilakukan dengan kerja sama oleh hampir semua perusahaan teknologi, yang salah satunya dengan mengembangkan patch yang dirilis melalui pembaruan sistem operasi.

Hampir semua perangkat Apple juga masuk ke dalam bahaya ini. Dan bagi pengguna iPhone, iPad, dan iPod, baru saja Apple merilis pembaruan sistemnya dengan iOS 11.2.2. Tidak ada fitur menarik yang menjadi daya tawar di update tersebut, karena memang perusahaan Apple sedang fokus untuk melakukan mitigasi terhadap bencana celah keamanan Meltdown dan juga Spectre.

Apa Yang Baru di iOS 11.2.2 Ini?

Sebenarnya beberapa waktu lalu, secara diam-diam Apple telah merilis update parsial untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, sayangnya pembaruan tersebut belum mampu menyelesaikan permasalahan Meltdown dan Spectre sepenuhnya.

Dengan pembaruan iOS 11.2.2 ini, Apple berharap dapat menutup celah keamanan yang disebabkan oleh Meltdown dan Spectre yang dimiliki oleh iPhone, iPad, dan juga iPod Touch.

Tidak ada langkah spesifik yang harus dilakukan pengguna untuk terhindar dari celah ini. Beberapa perusahaan teknologi menyarankan untuk memperbarui sistem yang digunakan di setiap perangkatnya.

Bagi pengguna perangkat bersistem iOS, pembaruan sistem ke iOS 11.2.2 dapat dilakukan dengan membuka Settings, kemudian memilih General, kemudian mengunduh pembaruan di bagian Software Update. Pengguna sistem iOS juga dapat memperbaruinya melalui iTunes.

Nah, melihat bahaya ini, apakah kamu sudah mengupdate sistem yang kamu gunakan?

Leave a Comment