Smartphone

Huawei Nova 2i vs Xiaomi Mi A1. Mana Smartphone Dua Kamera Utama Terbaik?

Huawei Nova 2i vs Xiaomi Mi A1 Header

Gadgetren – Kini Huawei telah menjadi perusahaan smartphone nomor 3 dunia, namun di Indonesia sendiri namanya vendor yang satu ini sedang naik daun.

Hal ini bisa terjadi berkat keseriusan Huawei yang membawa smartphone 4 kamera pertamanya di Indonesia, yakni Nova 2i. Bisa dibilang 4 kamera ini terdiri dari dua kamera depan dan dua kamera belakang.

Dengan hadirnya 4 kamera ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan foto berefek bokeh (background blur) depan dan belakangnya dengan cepat dan instan. Sementara itu, spesifikasi hardware yang ditawarkan sudah bagus untuk kelas menengah.

Selanjutnya, sebagian orang masih bertanya-tanya mengenai perbandingannya dengan smartphone buatan Xiaomi yang memiliki dua kamera belakang, yakni Xiaomi Mi A1. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Huawei Nova 2i vs Xiaomi Mi A1

Performa

Pada kelas menengah, Huawei Nova 2i dan Xiaomi Mi A1 memiliki spesifikasi hardware yang hampir setara. Dapur pacu Huawei Nova 2i dibekali dengan chipset kelas menengah Kirin 659 Octa-core dan Xiaomi Mi A1 dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core.

Dalam pengujian benchmark, performa dari Kirin 659 lebih unggul dibandingkan Qualcomm Snapdragon 615. Selanjutnya dalam mengimbangi kemampuan prosesornya, Huawei Nova 2i dan Xiaomi Mi A1 sama-sama dibekali dengan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Dengan kata lain, performa dari Huawei Nova 2i lebih unggul dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1. Untuk menunjang kemampuan hardware ini, Huawei Nova 2i telah dibekali dengan EMUI 5.1 berbasis Android Nougat. Sedangkan Xiaomi Mi A1 secara resmi telah dilengkapi Android Oreo murni.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama unggul dalam bidang fotografi. Untuk Huawei Nova 2i menggunakan 4 kamera sekaligus, dimana terdiri dari dua kamera depan 13 MP + 2 MP dan dua kamera belakang 16 MP + 2 MP.

Selain dapat menghasilkan foto dengan bagus, 4 kamera ini mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) depan dan belakang. Sedangkan Xiaomi Mi A1 dibekali dengan kamera depan 5 MP dan dua kamera belakang 12 MP + 12 MP sehingga smartphone ini hanya unggul di kamera belakang yang mampu menghasilkan foto bokeh dengan instan.

Baterai

Sebagai komponen paling penting, kapasitas baterai pun menentukan kelangsungan hidup dari smartphone. Huawei Nova 2i sendiri telah dibekali dengan baterai berkapasitas 3.340 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 20 jam ketika digunakan untuk telepon.

Sementara untuk Xiaomi Mi A1 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.080 mAh yang diklaim pihak Xiaomi dapat bertahan lama berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core yang hemat dalam mengonsumsi energi baterai.

Layar

Mengikuti tren saat ini, Huawei Nova 2i telah dilengkapi dengan layar penuh 5,9 inci beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS LCD, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannnya.

Sementara layar Xiaomi Mi A1 memiliki lebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), berteknologi IPS LCD, beraspek rasio 16:9, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Tentu saja dari segi layar, Nova 2i menang karena mengusung konsep kekinian yang menarik.

FItur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan sensor fingerprint di bagian belakang, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS. Namun Xiaomi Mi A1 juga dibekali dengan FM Radio, port USB Type-C, dan gyroscope. Sedangkan Huawei Nova 2i masih menggunakan port microUSB.

Harga

Huawei Nova 2i sendiri dibanderol secara resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 3.999.000. Sedangkan Xiaomi MI A1 dijual dengan harga resmi yang mencapai Rp 3.099.000 di Indonesia. Bisa dibilang Mi A1 lebih unggul dalam harga.

Kesimpulan

Apabila dari performa, spesifikasi hardware, layar, kamera depan, kamera belakang, dan layar maka Huawei Nova 2i bisa menjadi juaranya. Sementara itu, jika dilihat dari harga, fitur, dan daya tahan baterai maka Xiaomi Mi A1 bisa menjadi pilihan.

Tinggalkan Komentar