Tips dan Trik

Ponsel Sering Cepat Panas, Coba Beberapa Cara Berikut!

Cara Mengatasi Ponsel Panas Android Header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Sungguh menyebalkan bukan, sedang main ponsel tiba-tiba menjadi sangat panas dan tidak nyaman untuk digunakan.

Overheat dapat muncul kapan pun dengan penyebab yang berbeda-beda. Selain tidak nyaman untuk digunakan, kadang kala panas berlebih tersebut juga berpengaruh pada kinerja ponsel. Kinerja ponsel yang terdampak panas berlebihan dapat menurun seketika itu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan tergantung permasalahan yang menyebabkan. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi ponsel yang cepat panas:

Instal Aplikasi yang Punya Fitur Cooldown

Cara Mengatasi Ponsel Panas dengan CPU Cooler

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi ponsel yang cepat panas adalah dengan menginstal aplikasi yang memiliki fitur Cooling Down, seperti Clean Master atau DU Battery Saver.

Salah satu penyebab ponsel cepat panas adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga memaksa prosesor dan RAM tetap bekerja. Dengan menginstal aplikasi tersebut di atas, aplikasi dapat membantu pengguna mengeliminasi penggunaan aplikasi di latar belakang.

Jika aplikasi yang berjalan di latar belakang tereliminasi, kerja prosesor dan RAM akan terkurangi, sehingga panas dari ponsel pun akan menurun.

Baca Juga: Agar lebih mudah melihat kapasitas baterai, ini cara untuk menampilkan persentase di Android

Hapus Aplikasi yang Rakus RAM

Cara Mengatasi Ponsel Panas dengan Hapus Aplikasi

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu penyebab ponsel cepat panas adalah adanya aplikasi yang berjalan di ponsel yang memaksa RAM dan prosesor bekerja keras. Untuk mengatasinya, pengguna dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan dan juga aplikasi yang menggunakan kapasitas RAM yang sangat banyak.

Meskipun dengan cara sebelumnya beban RAM dan prosesor dapat terkurangi, namun cara ini hanya dapat menguranginya sementara waktu, aplikasi yang tereliminasi tentu akan berjalan kembali. Oleh karena itu, menghapus aplikasi adalah cara yang paling pas jika tidak ingin aplikasi yang memberatkan kerja ponsel berjalan lagi.

Baca Juga: Beberapa tips berikut ini bisa membuat kuota internet kamu menjadi lebih hemat

Pastikan Menggunakan Jaringan Stabil

Cara Mengatasi Ponsel Panas dengan Menggunakan Jaringan Stabil

Penyebab lain ponsel cepat overheat adalah sinyal jaringan seluler yang digunakan tidak stabil, sehingga ponsel harus berusaha keras untuk mendapatkan akses data.

Pengguna dengan permasalahan ini dapat menyelesaikan permalahan dengan menggunakan layanan operator yang stabil di wilayahnya. Pengguna juga dapat mengunci jaringan pada jaringan tertentu untuk mengatasi sinyal yang tidak stabil tersebut.

Selain mengatasi ponsel yang cepat panas, menggunakan jaringan stabil dan mengunci sinyal pada jaringan tertentu dapat membuat baterai bertahan lebih lama.

Tinggalkan Komentar