Tips dan Trik

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android Agar Kembali Menjadi Lebih Lega

Samsung W2018 Header

Gadgetren – Kini smartphone menjadi salah satu perangkat yang menunjang aktivitas sehari-hari karena kemampuannya yang multifungsi.

Selain untuk telepon, internet, chatting, dan video call, terdapat banyak aplikasi penting yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Dengan semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan, maka semakin tinggi juga kebutuhan penyimpanan internal smartphone.

Namun terkadang smartphone yang kita gunakan telah kepenuhan memori internal atau storage internal karena kebanyakan berisi dokumen, foto, maupun aplikasi. Hal ini menyebabkan smartphone tidak dapat lagi melakukan install aplikasi atau bahkan tidak jarang malah membuat smartphone berjalan lebih lambat.

Nah, beberapa dari kamu mungkin bertanya bagaimana cara mengatasi memori internal penuh yang sebaiknya dilakukan. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat tutorial berikut ini untuk mengosongkan sisa memoril internal agar menjadi lebih sebagai berikut ini :

1. Hapus Cache Data

Biasanya data aplikasi sementara akan disimpan pada cache yang memakan kapasitas memori internal di smartphone Gadgeter. Cache sendiri menyimpan data penting dapat membantu aplikasi yang sedang aktif dapat diakses dengan cepat.

Meskipun cache punya masa kadaluarsa dan datanya akan terhapus secara otomatis, namun kita tidak tahu waktu pastinya. Untuk itu, kita dapat menghapusnya sendiri secara manual pada smartphone yang dimiliikinya.

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka menu atau aplikasi Settings pada smartphone
  2. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih Apps atau App Manager
  3. Selanjutnya dalam halaman Apps, Gadgeter dapat mencari aplikasi yang ingin dihapus cache datanya
  4. Setelah masuk dalam halaman App Info, maka Gadgeter dapat memilih menu Storage dan langsung memilih tombol Clear Cache
  5. Nantinya smartphone akan menghapus cache dan sisa memori internal akan meningkat

Baca Juga: Lindungi HP kamu dengan antivirus agar terhindari dari malware

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Biasanya terkadang banyak aplikasi yang kita instal pada smartphone Android sehingga akan memakan banyak kapasitas memori internal. Bahkan ada beberapa yang nantinya jarang digunakan sehingga terasa tidak ada gunanya sama sekali.

Untuk itu, Gadgeter dapat mengidentifikasi dan melihat aplikasi mana yang jarang dipakai melalui Settings > Storage untuk melihat aplikasi apa saja yang menghabiskan banyak penyimpanan. Setelah itu, Gadgeter dapat menghapus atau uninstall aplikasi.

Beberapa aplikasi seperti Facebook , Facebook Messenger, atau Instagram menghabiskan banyak kapasitas setelah sekian lama digunakan dan mungkin dapat dihapus sesekali.

3. Hapus atau Pindahkan data, dokumen, foto, atau video ke PC

Biasanya Gadgeter akan menyimpan banyak data, dokumen, foto, musik, atau video pada smartphone sehingga banyak kapasitas memori internal yang termakan. Untuk itu, sebaiknya kamu dapat memindahkan semuanya ke PC atau laptop sehingga akan kembali membuat kapasitas memori internal lebih lega.

Menghapus data yang ada di smartphone juga dapat mengurangi bebas pemuatan setiap kali berjalan sehingga smartphone akan terasa berjalan lebih lancar dibandingkan saat memiliki ribuan foto.

4. Gunakan Aplikasi Cleaner

Bagi Gadgeter yang malas untuk menghapus cache atau file sampah pada smartphone maka dapat menggunakan aplikasi Cleaner, seperti Clean Master. Penggunaanya terbilang cukup mudah karena biasanya ada sebuah tombol di aplikasi tersebut yang langsung akan mengerjakan semuanya secara otomatis.

Dengan hadirnya aplikasi ini Gadgeter akan dipandu untuk menghapus file yang tidak diperlukan dengan mudah. Bahkan beberapa smartphone sudah menyematkan aplikasi Cleaner buatannya sendiri.

Baca Juga: Ingin menarik kembali pesan WhatsApp yang terlanjur terkirim? Ini cara mudahnya


Apabila Gadgeter merasa semua metode di atas masih kurang membuat sisa memori internal menjadi lebih banyak maka dapat melakukan Factory Reset untuk membuat kondisi smartphone menjadi semula seperti waktu dibeli baru. Dengan ini HP kamu akaan menghapus seluruh data yang ada sehingga jangan lupa untuk membuat backup terlebih dahulu.

Factory Reset

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka menu atau aplikasi Settings
  2. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih menu Advanced Settings
  3. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih menu Backup & Reset
  4. Pada halaman ini, Gadgeter dapa langsung memilih Factory Data Reset
  5. Nantinya akan dimunculkan bahwa semua akun, konfigurasi, aplikasi, dan semua data di memori internal akan dihapus
  6. Kemudian, Gadgeter dapat menekan tombol Reset Phone
  7. Selanjutnya, Gadgeter dapat memasukkan kode dan tekan OK
  8. Terakhir, smartphone akan melakukan reset ulang dan tunggu hingga proses selesai
  9. Apabila telah selesai maka Gadgeter akan dihadapkan pada tampilan smartphone yang sama ketika membeli baru dulu

Leave a Comment