ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Xiaomi Redmi 5 vs Xiaomi Redmi 5 Plus. Manakah Smartphone Layar Penuh Murah Terbaik?

xiaomi redmi 5 vs redmi 5 plus Header

Xiaomi merupakan vendor asal Cina yang terkenal dengan smartphone berspesfikasi menarik, namun memiliki harga yang murah.

Pada tanggal 7 Desember 2017 secara resmi Xiaomi meluncurkan 2 smartphone terbarunya yang bernama Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar penuh 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Redmi 5 Plus dibekali spesifikasi hardware yang lebh tinggi dibandingakan Redmi 5, namun kedua smartphone ini sama-sama menjadi smartphone layar penuh yang memiliki harga murah. Untuk itu, bagi Gadgeter yang pensaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Layar

Xiaomi Redmi 5 dibekali dengan layar penuh 5,7 inci beresolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS. dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 18:9. Sedangkan Redmi 5 Plus dilengkapi dengan layar penuh 5,99 inci beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 18:9

Spesifikasi Hardware

Redmi 5 mempunyai chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM dengan pilihan 2 GB atau 3 GB, dan storage internal dengan pilihan 16 GB atau 32 GB. Sementara Redmi 5 Plus memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB. Terlihat spesifikasi hardware Redmi 5 Plus lebih unggul.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kamera belakang beresolusi 12 MP dengan aperture f/2.2, Phase Detection Autofocus, dan dual-tone LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Baterai

Xiaomi Redmi 5 mempunyai baterai yang berkapasitas 3.300 mAh dan Redmi 5 Plus memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh. Terlihat Xiaomi Redmi 5 Plus lebih unggul dalam hal kapasitas dan daya tahan baterai.

Fitur Lainnya

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus sama-sama telah dibekali dengan dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di bagian belakang, sensor gyroscope, FM Radio, port microUSB 2.0, port jack audio 3,5mm, dan MIUI 9 berbasiskan sistem operasi Android Nougat.

Harga

Xiaomi Redmi 5 mempunyai harga yang mencapai Rp 1,6 juta untuk varian RAM 2 GB dan Rp 1,8 juta untuk varian RAM 3 GB. Sedangkan Redmi 5 Plus dibanderol dengan harga Rp 2 juta untuk varian RAM 3 GB dan Rp 2,6 juta untuk varian RAM 4 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari spesifikasi hardware, performa, daya tahan baterai, kapasitas baterai, dan fitur maka Xiaomi Redmi 5 Plus menjadi juaranya. Namun dari segi harga, Redmi 5 dapat menjadi pilihan bagi Gadgeter yang memiliki budget sedikit.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar