Featured Mading

Mana yang Cocok Buat Kamu Antara Smartphone Kaca, Plastik, dan Metal

Material Smartphone Header

Gadgetren – Kehadiran smartphone saat ini banyak macamnya dengan beberapa bahan material berbeda – beda.

Ada tiga jenis bahan yang umum ditemukan pada smartphone, yakni plastik dan metal ditambah kaca yang mulai digunakan pada beberapa smartphone. Pastinya ada alasan maupun kelebihan dan kekurangan dari setiap bahan tersebut yang dipertimbangkan oleh vendor dalam mendesain produk mereka.

Sebagai konsumen tentunya kita juga perlu tahu sebenarnya adakah hal – hal yang harus diketahui dalam menggunakan smartphone yang diakibatkan oleh bahan material. Tentunya kamu juga pasti ingin tahu mana yang cocok dan lebih pantas untuk dipilih saat membeli sebuah smartphone.

Nah untuk memberikan sedikit pencerahan, saya ingin berbagi informasi dari ketiga material tersebut. Berikut penjelasan singkat mengenai kelebihan maupun kekurangan dari bahan plastik, metal, dan kaca pada smartphone.

Metal

Belakangan ini semakin banyak smartphone yang menggunakan bahan metal aluminum termasuk untuk kelas harga terjangkau sekalipun. Biasanya smartphone berbahan metal juga mengusung desain unibodi sehingga bagian belakang bisa dibukan degan mudah untuk mengganti baterai seperti pada ponsel satu dekade lalu.

Lalu sebenarnya apa yang menjadi kelebihan smartphone berbahan metal sehingga banyak sekali vendor yang menggunakannya? Salah satu yang menjadi alasan tentu saja dikarenakan bahan metal membuat smartphone terlihat lebih premium dan berkualitas tinggi. Selain itu metal juga memungkinkan smartphone menjadi lebih ringan dan tipis, namun tetap kokoh.

Material Smartphone Metal

Walaupun begitu smartphone berbahan metal bukan berarti tanpa kekurangan. Metal khususnya yang dibuat dengan murah akan sangat mudah untuk menjadi penyok maupun berubah bentuk. Kamu pasti tidak jarang mendengar sebuah smartphone yang mudah sekali dibengkokan dengan tangan sekalipun.

Selain itu bahan metal juga akan menggangu konektivitas nirkabel seperti WiFi, Bluetooth, dan sinyal operator. Oleh karena itu juga jangan heran kalau kamu susah mendapatkan sinyal setelah memasangkan bumper atau pelindung bahan metal karena dapat menyebabkan hal serupa.

Satu hal yang menarik, bahan metal merupakan penghantar panas yang baik. Seluruh bodi smartphone akan terasa cukup dingin, namun ini juga bisa berbalik karena suhu panas akan sangat terasa saat smartphone digunakan secara intesif.

Plastik

Plastik merupakan bahan yang sangat serba guna dan sudah digunakan sebagai bahan material pembuatan bodi ponsel sejak dahulu. Plastik dapat diubah dan dibuat sedemikian rupa untuk menyesuaikan desain yang diinginkan. Harga pembuatannya juga tergolong murah dibandingkan yang berbahan metal sehingga akan lebih terjangkau untuk dibeli.

Satu hal yang menjadi kelebihan utama dari bahan plastik adalah tingkat ketahanannya yang sangat kokoh jika dibuat dengan benar. Ingat Nokia 3310? Ponsel satu ini tentu saja menggunakan bahan plastic yang terbilang cukup tebal dibandingkan kebanyakan smartphone beredar saat ini.

Material Smartphone Plastic

Penggunaan bahan plastik juga memungkinkan vendor untuk mendesain smartphone bervariatif. Smartphone berbahan plastik biasanya punya banyak sekali varian warna mulai dari hitam hingga hijau.  Ditambah lagi bentuknya juga bisa bermacam – macam walaupun saat ini bentuk smartphone hamper mirip – mirip.

Kekurangan dari smartphone berbahan plastik lebih kepada estetika semata karena sering kali smartphone terlihat murahan dan ringkih. Tidak semua smartphone plastik terlihat murah sebab ada beberapa yang tidak kalah tampilannya dengan smartphone berbahan metal. Ini tentunya lebih ke soal preferensi dari si pengguna itu sendiri.

Bahan plastik pada smartphone juga menyebabkan noda tangan mudah sekali menempel sehingga smartphone terlihat lebih kotor dari seharunya. DItambah lagi terkadang bahan plastik bisa membuat smartphone sedikit kurang nyaman untuk digenggam dalam jangka waktu lama.

Kaca

Smartphone – smartphone yang menggunakan bahan kaca membaluti bodinya mulai muncul dipasaran. Tentu saja mendengar kata kaca akan memunculkan pertanyaan dan kekhawatiran sendiri mengingat kaca mudah sekali pecah.

Maka dari itu, bahan kaca yang biasanya digunakan pada bagian belakang smartphone bukan lah kaca sembarangan melainkan sejenis  seperti Gorilla Glass dan Dragon Trail pada bagian layar. Walaupun begitu tetap saja kaca akan lebih mudah pecah dan tergores dibandingkan bahal lainnya, namun dengan menggunakan Gorilla Glass akan lebih kuat.

Material Smartphone Glass

Kalau begitu apa alasannya beberapa vendor menggunakan bahan kaca kalau mudah pecah? Mirip seperti metal, bahan kaca membuat smartphone terlihat jauh lebih menawan dan mewah seperti Samsung Galaxy S8 yang cukup dipuja akan desainnya yang membuat tidak sedikit orang terpukau.

Berbeda dengan metal, gelombang sinyal masih mudah melalui bahan kaca sehingga kamu tetap mendapatkan performa optimal. Hal ini juga yang memungkinkan smartphone berbahan kaca untuk mempunyai teknologi pengisian daya nirkabel.

Penggunaan bahan kaca ini terbilang sangat mahal sehingga hanya smartphone kelas premium saja yang sudah menggunakannya untuk saat ini. Yang pasti smartphone berbahan kaca sangat lah elegan dan nyaman untuk digenggam.

Mana yang cocok untuk kamu?

Setelah menjelaskan panjang lebar, pastinya kamu punya pertanyaan mana yang lebih baik dan cocok untuk digunakan, bukan? Jawaban akhir dari saya adalah tidak terlalu berpengaruh. Kok begitu? Alasannya karena hampir semua orang saat ini menggunakan bumper atau casing tambahan untuk melindungi smartphone mereka.

Walaupun begitu jika dibandingkan antara ketiga bahan tersebut, metal merupakan bahan terburuk karena mengganggu gelombang sinyal dan terkadang mudah terasa panas. Selanjutnya diikuti oleh kaca yang masih sangat mahal dan mudah pecah untuk saat ini. Maka dari itu plastik menjadi pemenang di antara ketiganya, namun sering kali smartphone plastik itu terasa murahan.

Itu tentu saja jika melihat dari fungsi, keunggulan, dan kekurangan semata. Saya pribadi untuk saat ini lebih memilih smartphone berbahan metal karena terlihat premium, kokoh, dan nyaman digenggam. Hanya saja ada beberapa hal yang harus dimaklumi atau diketahui saat menggunakan smartphone berbahan metal seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Leave a Comment